Lihat ke Halaman Asli

faiz zulfa sulthona

communication science'21

Sekolah Swasta Kenapa Engga?

Diperbarui: 1 Juni 2022   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hai kompasianer!

Kalian pasti sudah tidak asing mendengar berbagai kontroversi mengenai pendapat beberapa orang tentang lebih unggul sekolah negri atau swasta. Ini mungkin akan menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Dimana beberapa orang mungkin cenderung lebih memilih sekolah negeri karena dianggap sekolah negeri lebih unggul bahkan mampu membuat siswanya akan lebih mudah dikenal dan populer karena di cap sebagai lulusan sekolah negeri. Karena tidak bisa dipungkiri sekolah negeri memang lebih banyak dikenali oleh masyarakat.

Namun bukan berarti sekolah negeri lebih unggul dari pada sekolah swasta, yuk simak beberapa poin yang mungkin akan membuka pandangan anda mengenai seberapa unggul sekolah swasta yang pastinya tidak kalah dengan sekilah negeri.

Mungkin beberapa orang ketika mendengar kata swasta maka akan terlintas kata "biaya", ya benar sekolah swasta memang identik dengan biaya yang lebih mahal dibanding sekolah negeri. Karena seperti yang kita tahu, jika sekolah negeri ada bantuan dana BOS dari pemerintah maka biasanya sekolah swasta justru sebaliknya. Para orang tua harus membiayai segala kebutuhan anaknya secara mandiri dikarenakan sekolah swasta merupakan milik sebuah yayasan bukan pemerintah. Mungkin itu dari segi dana, tak jarang rata - rata orang tua yang mau menyekolahkan anak nya di sekolah swasta memanglah dari kalangan atas.

Dari segi fasilitas, beberapa sekolah swasta mempunyai fasilitas yang justru lebih unggul dibanding sekolah negeri. Secara logika, jika sekolah negeri ketika ingin memperbaiki atau menambah fasikitas maka harus menunggu biaya atau dana dari pemerintah, berbeda dengan sekolah swasta yang mana mereka menggunakan biaya mandiri dalam hal fasilitas. Maka dari itu biasanya sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih unggul dan lengkap dibanding sekolah negeri.

Dari segi pembelajaran, biasanya sekolah negeri memiliki metode pembelajaran yang unik dan bervariasi. Karena dengan biaya yang lumayan maka pengajar dituntut untuk bisa lebih membuat siswa menjadi lebih kritis dan produktif. Ditambah rata - rata mereka berasal dari kalangan atas membuat mereka lebih berhati - hati dan teliti ketika memberuka materi kepada murid. Tak jarang beberapa sekolah swasta justru lebih populer dalam perlombaan karena mereka benar - benar dipersiapkan dalam segala hal. Termasuk dalam bersaing antar sekolah, kota, bahkan tingkat nasional. Inilah yang membuat beberapa sekolah swasta dinyatakan lebih unggul dan memiliki banyak siswa yang dianggap punya banyak potensi yang dapat membawa nama sekolah itu sendiri.

Banyak sekolah swasta yang sudah muncul dan dikenal oleh masyarakat, yang tentunya banyak diminati oleh para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya. Salah satu SD Muhammadiyah Yogyakarta, merupakan sekolah swasta milik yayasan muhammadiyah yang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Dan bisa dilihat secara nyata, rata - rata orang tua yang menyekolahkan anak nya di sekolah tersebut adalah dari kalangan atas, dimana biaya untuk masuk sekolah itu tidak bisa dibilang murah. Dan masih banyak lagi contoh sekolah swasta yang bagusbdan unggul yang bisa dijadikan pertimbangan ketika mau daftar masuk sekolah.

Yang perlu diingat, dimanapun kita bersekolah entah negeri atau swasta tujuan nya tetap sama, yaitu untuk mencari ilmu. Dimanapun orang tua menyekolahkan kita harus kita syukuri karena tentunya para orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anak nya. Dan jangan sampai kita memaksakan batas kemampuan kita hanya untuk memenuhi gengsi kita. Ingat, emas dimanapun akan tetap emas, jadi semua kembali kepada diri sendiri. Tidak peduli belajar dimana yang penting adalah niat kita.

Sekian terimakasih dan semiga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline