Lihat ke Halaman Asli

Faiz Rahman

Mahasiswa

Penelaran dalam Bahasa Indonesia

Diperbarui: 29 Juni 2023   14:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa yang Anda maksud dengan argumen?

Penalaran adalah proses berpikir manusia yang menggabungkan informasi atau fakta yang ada menjadi sebuah kesimpulan. Informasi atau fakta bisa benar bisa juga tidak. Jika informasi yang diberikan salah, kesimpulan yang dihasilkan pasti salah, dan jika informasi yang diberikan benar tetapi penalarannya salah, maka akan ditarik kesimpulan yang salah.

Istilah yang berkaitan dengan berpikir

Saran
Pelengkap pernyataan berupa predikat subjek atau kesatuan istilah yang membentuk kalimat. Kalimat yang tergolong kalimat hanya merupakan kalimat pesan netral. Contoh sugesti adalah:

- Paus adalah kelas mamalia.

- Dia bersandar di bahu seorang teman.

Ekspresi
Istilah adalah kata atau frasa yang dapat digunakan sebagai subjek dan predikat dalam sebuah kalimat. Term adalah kata atau kelompok kata yang dapat berdiri sendiri. Ada beberapa dalil, yaitu sebagai berikut:

Metode penalaran induktif
Penalaran induktif adalah proses di mana kita menyimpulkan informasi yang lebih umum dari informasi tentang peristiwa atau kejadian yang lebih spesifik dalam pikiran kita. Bentuk penalaran induktif adalah:

--- Generalisasi, yaitu H. Penalaran berdasarkan pernyataan-pernyataan tertentu yang memiliki ciri khusus untuk sampai pada suatu kesimpulan umum.

- Analogi, yaitu cara membuat kesimpulan dengan cara membandingkan dua hal yang sifatnya sama.

penalaran deduktif
Penalaran deduktif adalah proses di mana kita menyimpulkan informasi yang lebih spesifik dari informasi yang lebih umum di kepala kita. Penalaran deduktif dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline