Lihat ke Halaman Asli

Mahasiwa Undip Manfaatkan Kolam Tak Terpakai di Desa dengan Budidaya Ikan sebagai Stok Pangan di Tengah Pandemi

Diperbarui: 9 Agustus 2020   13:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Jepara (22/7)
Lokasi: Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah
Tanggal Kegiatan: 16-22 Juli 2020

Jepara (22/7) – telah dilaksanakan program kegiatan KKN Tim 2 UNDIP 2019/2020 oleh Faiz Prasetya Adi (21) mengenai Pemanfaatan Kolam Idle Di Desa Dengan Budidaya Ikan Sebagai Stok Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Mantingan RT 03 RW 01. 

Program ini dilatarbelakangi oleh kesediaan stok pangan bagi warga yang tidak dapat membeli bahan makanan, hal ini dikarenakan sebagian warga membeli bahan makanan secara besar-besaran untuk stok ke depannya. 

Hal tersebut sangat tidak dianjurkan pemerintah, namun masih sering terjadi. Sehingga kesediaan stok bahan makanan di pasaran cepat habis, kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga stok bahan makanan sangat penting selama pandemi COVID-19, untuk mengantsipasi kehabisan stok pangan dapat dilakukan dengan memanfaatkan tempat (kolam) untuk budidaya ikan sebagai stok bahan makanan di tengah pandemi COVID-19.

Program ini dilaksanakan sebagai pengendalian dan pencegahan kekurangan bahan makanan di RT 03 Desa Mantingan di tengah pandemi COVID-19 dengan menyediakan dan membudidayakan ikan sebagai stok bahan makanan. Persiapan program ini dimulai dengan persiapan kolam sebagai media untuk budidaya pada minggu pertama dan minggu kedua.

Pada Kamis (16/7) telah dimulai program pemanfaatan kolam idle di desa mantingan RT03 RW 01 dengan budidaya ikan sebagai stok pangan di tengah pandemi COVID-19 dengan cara survei benih yang baik dan persiapan media yaitu kolam sebagai tempat budidaya di RT 03 RW 01 Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.

Dengan adanya program pemanfaatan kolam idle ini, diharapkan warga mampu untuk mempelajari dan mempratekkan kembali budidaya ikan yang baik dan. Program ini diperkirakan akan selesai terlaksana pada minggu kelima KKN dengan harapan dapat meningkatkan kesediaan stok bahan makanan di tengah pandemi COVID-19 khususnya di RT 03 RW 01 Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline