Lihat ke Halaman Asli

Ramai-ramai e-Commerce di Indonesia

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasar adalah tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli. Pada dunia modern saat ini, pasar tidak hanya dapat dikunjungi secara langsung ke tempatnya, karena pasar "digital" atau pasar "elektronik" telah lahir, yang sering disebut dengan istilah e-commerce. Mengutip Laudon & Laudon (1998), e-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. Kehadiran e-commerce bisa menjadi solusi ketersediaan produk bagi negara sebesar Indonesia. Luasnya wilayah Indonesia menyebabkan suplai barang di suatu daerah berbeda dengan daerah lainnya. Dan memang dalam beberapa tahun belakangan ini e-commerce atau biasa disebut ecom atau emmerce telah berkembang secara signifikan di Indonesia, bahkan di dunia. Bukan hanya karena ketersediaan barang, aktivitas berbelanja online memang tengah menjadi life style bagi sebagian warga urban karena kemudahan dan kenyamanannya. Melihat prospek tersebut, banyak perusahaan tergerak untuk menerapkan sistem e-commerce ini. Grup Djarum, melalui Global Digital Prima (GDP), salah satunya. Setelah membeli kaskus.us yang terkenal dengan forum jual beli (FJB)-nya dengan nilai transaksi yang dirahasiakan (diperkirakan mencapai Rp 600 milyar), GDP meluncurkan situs blibli.com sebagai penyedia layanan e-commerce di bidang fashion dan produk elektronik. Tak mau ketinggalan, bank mandiri menghadirkan tokone.com sebagai bagian e-commerce perusahaan. Situs tokone.com terpantau sudah live, meskipun belum diluncurkan secara resmi oleh mandiri. tokone.com sendiri memiliki berbagai macam kategori produk, yaitu: elektronik, handphone & gadget, majalah & koran, komputer & aksesorisnya, fashion, otomotif, sampai peralatan rumah tangga. Sedangkan merchant tokone.com antara lain smartfren, erafone, berrindo shop, global teleshop, optik seis, bajaj, lojai shop dan masih banyak lagi. tokone.com ini memberikan kemudahan transaksi bagi pengguna kartu kredit mandiri. tokone.com ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan situs e-commerce lainnya, yaitu sistem pembayaran yang bernama 3D Secure Dynamic Pin. Sistem ini menggunakan mekanisme verifikasi One Time Password (OTP) yang aman karena kode verifikasi anda akan dikirimkan via SMS ke handphone, bukan melalui Token. Sistem OTP mobile ini menggantikan sistem token yang saat ini banyak digunakan oleh bank-bank di Indonesia, dan diterapkan ke e-commerce menghasilkan kenyamanan dan keamanan dalam berbelanja dan membayar secara online. Selain itu, tokone.com ini mendeklarasikan dirinya sebagai social commerce, e-commerce yang menggunakan media sosial sebagai bagian dari aktivitasnya. Sejauh ini, mandiri memang gencar membeberkan promo-promo tokone.com melalui akun twitter dan facebook bank mandiri, meskipun akun sosial media tokone.com belum aktif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline