Lihat ke Halaman Asli

Faiz Fajar Mulia

Mahasiswa Sakarya Uygulamali Bilimler Üniversitesi

Perjuangan Belajar Bahasa Turki

Diperbarui: 4 Juni 2022   04:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

                                                                                                  Lika liku belajar bahasa Turki

               Aku ingin bercerita sebuah pengalaman pribadi dalam belajar bahasa Turki selama kurang lebih mau setahun ini. Banyak sekali tantangan dalam proses belajar bahasa Turki karena bahasa tersebut tidak se-populer seperti bahasa Inggris ataupun bahasa Arab. Pada awal belajar bahasa Turki pada level A1  aku cukup kaget dengan metode pembelajaran nya karena pertama kali dalam hidup aku belajar bahasa dengan metode pembelajaran langsung mengunakan bahasa Turki tanpa menggunakan bahasa pengantar internasional yaitu bahasa Inggris. Di minggu pertama itu sangat susah untuk memahami gurunya menjelaskan materi apa sih di kelas, karena bener bener tidak paham sama sekali apa yang dikatakan oleh guru tersebut sehingga itu tantangan yang sangat sulit untuk di minggu pertama dalam belajar bahasa Turki. Seiring berjalan nya waktu hari demi hari minggu demi minggu syukur Alhamdulillah aku diberikan kemudahan dalam memahami belajar bahasa Turki sehingga di minggu selanjutnya sudah mulai sedikit demi sedikit bisa memahami apa yang di jelaskan oleh guru aku di kelas.

               Tadi aku udah jelasin di minggu pertama dalam belajar bahasa Turki. Sekarang aku ingin kasih trik untuk menghadapi situasi yang sama seperti aku itu gimana sih?. Trik pertama kalau dari aku yaitu setelah belajar dari tempat kursus jangan lupa untuk belajar lagi karena jika kalian sering review kembali pelajaran tersebut pasti bakal paham, trik yang kedua yaitu jangan lupa untuk mempelajari bab atau materi pembelajaran yang akan dijelaskan oleh guru tersebut di esok hari karena ketika guru menjelaskan kadang masih belum paham atau masih belum ada gambaran akan materi tersebut dan trik ini sangat bantu sekali buat kalian yang susah untuk memahami suatu materi dikelas, trik yang ketiga yaitu harus mempratekkan hasil pembelajaran yang telah di dapat dari kelas dengan cara menulis suatu tulisan, ngobrol dengan native speaker dan latihan soal, trik yang keempat yaitu jangan malu malu untuk berbicara dengan native speaker karena ini memiliki dampak yang sangat besar dalam proses pembelajaran suatu bahasa dan juga ketika kalian ngobrol dengan native speaker itu pasti bakalan lebih cepat mahir nya dalam berbicara ataupun mendapatkan banyak sekali kosakata yg tidak di dapatkan dikelas, trik yang kelima yaitu jangan lupa untuk nonton film atau serial drama dengan bahasa Turki dan dengerin lagu Turki karena itu lumayan membantuk kalian dalam meningkatkan kepekaan atau melatih pendengaran terhadap bahasa Turki, dan trik yang terakhir yaitu sering sering untuk membaca buku dengan menggunakan bahasa Turki karena masalah yang aku dapatkan saat ini yaitu terletak pada memahami atau mengartikan konteks dalam buku bacaan, kalau berbincang-bincang mengenai grammar yang di pelajari itu mudah untuk dipahami terkadang ada beberapa grammar yang memang agak sedikit rumit untuk di mengerti. Nah, dalam belajar bahasa bagaimana caran untuk mengaplikasikan sebuah grammar dengan baik dan benar itu cukup menguras otak dan membutuhkan waktu yang tidak singkat dalam memahami suatu bahasa yang baik dan benar.

               Diatas aku sudah jelaskan semua tentang lika-liku dalam belajar bahasa Turki. Semua itu tidak ada yang susah jika kalian mau belajar dan bersungguh-sungguh untuk menggapai sebuah target, tak lupa juga untuk selalu semangat dalam menikmati proses pembelajaran sehingga apa yang sudah kalian perjuangkan pasti akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ekspetasi kalian. Semoga kisah pribadi yang aku tulis ini bisa berguna buat kalian yang ingin melanjutkan studinya ke Turki. Jika ada salah kata dalam penulisan mohon dimaafkan ya, semoga kalian suka dengan tulisan aku yaaaa. Tulis di kolom komentar di tulisan selanjutnya aku perlu membahas apa lagi? Sampai jumpa di tulisan selanjutnya yaaaa!!!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline