Lihat ke Halaman Asli

Membuat Herbarium Bersama Anak-Anak Taman Baca Tiga Surau - KKNT IPB Desa Tuwel 2023

Diperbarui: 25 Juli 2023   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama - Dokumentasi Pribadi

Pada hari Minggu, 16 Juli 2023, mahasiswa KKN-T IPB melaksanakan program membuat herbarium dan kerajinan resin bersama anak-anak dan remaja Taman Baca Masyarakat Tiga Surau, Desa Tuwel, Kec. Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

Kegiatan ini dibuka oleh ketua pelaksana kegiatan, Kharisma Firman Ariyanto dan dilanjut dengan pemaparan materi oleh Yessy. Materi yang dibawakan adalah definisi serta cara pembuatan herbarium dan kerajinan resin.

Menurut situs Royal Botanic Garden Edinburgh, herbarium adalah kumpulan tanaman yang diawetkan untuk kebutuhan pembelajaran. Namun, karena keindahan dan estetika dari tanaman kering tersebut, tak jarang herbarium dijadikan hiasan atau kerajinan.

Cara membuat herbarium cukup mudah. Pertama, kumpulkan tumbuhan-tumbuhan liar atau gulma seperti pakis dan bunga Wedelia. Setelah itu keringkan dengan sinar matahari atau setrika. Pada kegiatan ini, tumbuhan dikeringkan dengan cahaya sinar matahari. Kemudian tempelkan tumbuhan kering pada kertas atau karton. Setelah melalui tahapan tersebut, herbarium sudah jadi dan dapat dipajang sebagai hiasan.

Hasil karya herbarium Dokumentasi Pribadi

Selain dibuat herbarium, tanaman kering atau awetan juga dapat dijadikan kerajinan resin. Kerajinan resin ini dapat dijadikan berbagai macam barang seperti gantungan kunci, tatakan gelas, anting, dan lain sebagainya. Karena resin adalah bahan kimia yang dapat membahayakan anak-anak, maka pembuatan kerajinan resin dilakukan bersama remaja di Taman Baca Tiga Surau.

Untuk membuat kerajinan resin dengan tumbuhan kering, perlu berhati-hati dalam menggunakan larutan resin. Pertama, resin dicampur dengan pengeras dengan perbandingan 2:1 (2 resin, 1 pengeras). Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat mencampur resin dengan pengeras. Resin yang kami gunakan adalah resin jenis epoxy. Setelah resin tercampur dengan pengeras, segera tuangkan campuran ke dalam cetakan silikon yang sudah di dalamnya sudah tersusun tumbuhan kering. Jika terdapat gelembung, Kamu bisa menggunakan korek api untuk memecah gelembung tersebut. Setelah itu, tunggu sekitar 6-7 jam sampai resin mengeras.

Hasil karya kerajinan resin Dokumentasi Pribadi

Kegiatan ini disambut baik oleh peserta dan pengurus taman baca. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan menyukseskan kegiatan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline