Latar Belakang
Sekolah merupakan lembaga yang menjadi wada dalam belajar dan mengajar atau proses dalam pemberian ilmu pada siswa oleh guru. Tujuan adanya lembaga tersebut agar terbentuknya harapan besar pada setiap generasi penerus dalam mengebangkan masa depan baik untuk diri siswa tersebut atau mencakup bangsa Indonesia sendiri.
Mencapai prestasi belajar perlu adanya motivasi dari siswa baik itu motivasi eksternal maupun internal. Berdasarkan hasil Observasi di salah satu sekolah MA Kabupaten Malang masih terdapat banyak siswa tidak terlalu memperhatikan ketika penyampaian mareri berlangsung. Setelah dilakukan wawancara ada beberapa di antara mereka mengatakan bahwa cara penyampaian guru yang membosankan dan terlalu menggurui, sehingga membuat mereka diperlakukan selayaknya anak kecil.
Masalah itulah yang kebanyakan memicu siswa tidak memiliki semangat belajar bahkan melakukan bolos sekolah jika pelajaran guru yang tidak disukai mereka. Maka dalam meningkatakan suatu motivasi dalam belajar merupakan hal yang tergolong mudah jika guru dapat memiliki stategi dalam mengajar yang disukai oleh siswa.
Model penyampaian guru yang kreatif dan menyenangkan akan membuat siswa mudah mencerna pelajaran yang disampaiakan oleh guru.
PEMBAHASAN
Metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Ini berarti metode digunakan untuk merealisasikan proses belajar mengajar yang telah ditetapkan. (Sanyaja, Wina, 2008)
Menurut Abdurrahman Ginting, metode pembelajaran dapat diartikan cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumberdaya terkait lainnya agar terjadi proses pemblajaran pada diri pembelajar (Gnting, Abdurrahman, 2008). Dengan kata lain metode pembelajaran adalah teknik penyajian yang dikuasai oleh seorang guru untuk menyajikan materi pelajaran kepada murid di dalam kelas baik secara individual atau secara kelompok agar materi pelajaran dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh murid dengan baik.
Dalam kenyataannya, cara atau metode pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi berbeda dengan cara yang ditempuh untuk memantapkan siswa dalam menguasai pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Khusus metode pembelajaran di kelas, efektifitas metode dipengaruhi oleh faktor tujuan, faktor siswa, faktor situasi dan faktor guru itu sendiri. Dengan demikian metode dalam rangkaian sistem pembelajaran memegang peran yang sangat penting, karena keberhasilan pembelajaran sangat tergantung pada cara guru dalam menggunakan metode pembelajaran.
Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik