Lihat ke Halaman Asli

Metode Positivistik, Metode Fenomenologi, Metode Kritis

Diperbarui: 11 April 2020   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Aliran ini muncul dimana ahli fikir mencoba menyelesaikan pertentangan antara rasionalisme dengan empirisme.menurut sistem aturan tertentu berdasarkan formal yang ditentukan menurut suatu pendapat dan pemikiran.dalam artian untuk mencari keyakinan yang lebih baik dari keyakinan yang telah ada sebelumnya.metode filsafat ada 3 yaitu metode positivistic,metode fenomenologi,dan Metode kritis.

1.Metode Positivistic

Metode positivistic adalah aliran filsafat yang berpangkal pada suatu hal yang sangat nyata.metode positivistic adalah metode pengetahuan berdasarkan pengalaman dan ilmu yang sangat memastikan.

2.Metode Fenomenologi

Metode fenomenologi adalah kajian terhadap fenomena atas segala hal yang sangat tampak.metode fenomenologi adalah aliran filsafat yang dimulai pada tahun 1859-1938.fenomenologi dalam filsafat lebih memberikan pengetahuan esensial mengenai apa yang ada.

3.Metode Kritis

Metode kritis adalah metode yang bertujuan untuk membuka pemahaman hakikat yang tidak terubahkan.pada metode ini manusia lebih cenderung aktif dalam membentuk dunia mereka sendiri.ilmu pengetahuan dapat mereka dapatkan dan pikiran pikiran ini yang ada pada metode manusia yang lebih aktif dan cenderung pada duni mereka sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline