Lihat ke Halaman Asli

Faizal Ramadhan Sundara

Seorang Mahasiswa Semester 7 Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik UPI: Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi

Diperbarui: 30 Desember 2020   16:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kegiatan wajib tahunan Kampus UPI Bandung salah satunya adalah program kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Pada tahun ini karena kegiatan KKN mau tidak mau harus dilaksanakan saat terjadi pandemic, maka tema kegiatan KKN Tematik Tahap 2 pada tahun 2020 ini, ialah "Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru." Pada kegiatan KKN Tematik tahap 2 ini, terdapat 3 program yang terdiri dari 1 program wajib yaitu "Program Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan" dan 2 program pilihan yaitu "Program Edukasi Pencegahan Covid-19" dan "Program Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Ekonomi."

Program KKN Tematik tahap 2 ini dilaksanakan dengan strategi daring sehingga meminimalkan resiko penularan Covid-19, apabila ada hal mendesak harus turun ke lapangan dilakukan protokol kesehatan. Program yang saya laksanakan bermitra dengan 2 guru di SMP 2 Handayani Pameungpeuk, yaitu Bpk. Dani Herdiman, S.Pd., dan Bpk. Iwan Banjarnangor, S.Pd. Dalam melaksanakan program wajib di bidang pendidikan silaksanakan secara daring via Whatsapp dan Zoom untuk berdiskusi dan sesekali bertemu langsung. Program yang telah dilaksanakan, yaitu :

  • Penguatan pembelajaran daring untuk mata pelajaran IPA dan Prakarya di SMP 2 Handayani, yaitu membuat kuesioner tentang pendapat dan pengalaman siswa terhadap pembelajaran secara daring dan mendiskusikan hasilnya bersama guru terkait.
  • Pendampingan pembelajaran daring siswa untuk semua mata pelajaran pada jenjang pendidikan yang telah ditentukan, salah satu kegiatan program yang dilaksanakan yaitu membuat kisi -- kisi soal PAS Mata Pelajaran IPA dan mengsharenya kepada para siswa.
  • Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran pada jenjang pendidikan yang telah ditentukan, yaitu membuat video tips mendidik anak remaja dan mendampingi orang tua apabila ada kendala anaknya dalam pembelajaran daring.
  • Mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan, pada program ini membuat modul pelajaran Prakarya.
  • Membantu administrasi sekolah secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan, membantu menginputkan nilai tugas-tugas siswa dan membantu guru menginputkan nilai raport.
  • Membuat video edukasi program penanggulangan dampak covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial, membuat beberapa video tentang pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19, dan menguploadnya ke Youtube dan Instagram.
  • Membuat artikel untuk berita atau artikel untuk Jurnal program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial, pembuatan artikel berita ini dilakukan dengan membuat 2 artikel dan kemudian menguploadnya ke kompasiana.com dengan link sebagai berikut : https://www.kompasiana.com/faizalramadhansundara9890.
  • Untuk program pilihan yang dilaksanakan, yaitu :
  • Membuat poster tentang pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 yang di upload ke media sosial seperti Instagram, WA Story.
  • Membagikan masker dan handsanitizer untuk masyarakat sekitar.
  • Membantu penjualan makanan ringan melalui marketplace dan memasarkan / menawarkannya ke group -- group kelas.

Berikut foto - foto pelaksanaan dan hasil kegiatan program KKN Tematik  :

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Dok. pribadi

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline