Lihat ke Halaman Asli

Faizal Iqbal

Gali potensi cipta kreasi raih prestasi

Masa Kanak-kanak 7-12 Th Perkebangan Kognitif

Diperbarui: 25 November 2016   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Masa kanak-kanak (7-12) perkembangan kognitif

Untuk kaliini kita akan membahas 4 unsur masa kanak-kanak 7-12 th perkembangan kognitif yang pertama yaitu pengamatan anak,

kedua fikiran,ingatan dan fantasi dunia anak

ke tiga kehidupan perasaan anak,rasa takut

ke empat kehidupan volutif(konitif,kemauan)

  • Pengamatan anak

                Dalam perkembangan jiwani anak, pengamatan anak menduduki tempat yang paling tinggi.  Pengamatan anak selama periode sekolah rendah itu berlangsung sebagai berikut :

Dimulai dari pengamatan kompleks-totalitas, menuju pada bagian-bagian.

Berangkat dari sikap pasif menrima, menuju pada sikap pahaman : aktif, mendekati dan mencoba mengerti.

Dari dunia fantasi menuju ke dunia realitas.

                                Anak sekolah dasar mulai memandang semua peristiwa dengan obyektif. semua kejadian ingin diselidiki dengan tekun dan penuh minat. pada usia sekolah ini anak mempunyai kecenderungan untuk mengumpulkan macam-macan benda: antara lain; perangko, cincin, etiket, kartu-kartu, batu-batuan, manik-manik berwarna-warni, karang dan siput, serangga, uang, logam, kartopus bergambar dan lain-lain.

  • Fikiran,ingatan dan fantasi anak

Ingatan anak pada usia 7-12 tahun ini mencapai intensitas paling besar,dan paling kuat.daya menghafal dan daya memorisasi (=dengan sengaja memasukan dan melengkatkan pengetahuan dalam ingatanan) adalah paling kuat.dan anak mampu memuat jumlah materi ingatan paling banyak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline