Lihat ke Halaman Asli

Faizal Amin Haderi

TERVERIFIKASI

A learner Is Always Be Learner

Mengenal Survivor Tree Pohon yang Menjadi Saksi saat kejadian 9/11

Diperbarui: 1 September 2015   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Survivor Tree diantara pohon-pohon lain, Survivor tree yang ada dalam pagar (dok.pribadi)"][/caption]Saat berkunjung ke museum World Trade Centre (WTC) sempatkan untuk melihat sebuah pohon yang diberi nama Survivor Tree, pohon yang menjadi saksi kejadian gedung kembar runtuh akibat serangan teroris yang membajak pesawat. Pohonnya berada diluar Museum. Kita tahu bahwa kejadian tersebut menghancurkan seluruh gedung kembar dan sekitarnya namun tidak pohon ini. 

Walau sempat di rehabilitasi di pusat konservasi tanaman namun pada bulan oktober pohon ini sudah di kembalikan lagi ke ground zero. Menurut cerita, makna di balik upaya menghidupkan kembali pohon ini adalah semangat bahwa kami akan tetap hidup.   

Saat kita masuk kedalam museum kita diwajibkan untuk membeli tiket, kalau tidak salah ingat harga tiket masuknya USD24. setelah itu kita akan melewati pemeriksaan oleh security yang cukup ketat, lagi-lagi semua logam, isi kantong, HP, tas, jacket, Ikat pinggang bahkan sepatu harus dilepaskan. Setelah masuk kita bisa langsung mengeksplor semua bagian museum, tidak perlu berurutan.  

Hampir semua benda dari reruntuhan gedung terdapat didalam museum ini, mulai dari   besi bekas bangunan gedung yang bengkok, mobil pemadam kebakaran yang hancur, anak tangga, juga semua foto korban yang meninggal saat kejadian. 

[caption caption="Mobil pemadam kebakaran yang rusak (dokumen pribadi)"]

[/caption]

Tidak hanya benda, didalam museum juga terdapat film saat saat kejadian, ada juga rekaman percakapan regu pemadam kebakaran, ada juga rekaman berita dari semua statsiun tv dan radio.  

Selama didalam museum masih sering saya dengar orang menangis.Mungkin masih ingat dengan anggota keluarganya yang turut menjadi korban. Satu spot yang sangat menyentuh perasaan saya adakah dinding foto yang ditempeli kertas berwarna biru. Ini bermakna untuk mengingatkan kita bahwa jangan ada lagi foto yang di tempel di sana, karena kejahatan teror itu sangat menyakitkan. 

[caption caption="Salah satu monumen yang menyentuh perasaan saya di dalam museum WTC (dok.pribadi)"]

[/caption]

Semua area boleh di foto, tapi ada beberapa yang tidak boleh menggunakan lampu flash. Jika anda berkunjung ke Museum World Trade Centre sempatkan untuk melihat survivor tree. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline