Lihat ke Halaman Asli

Langkah-langkah Operasional Diagnostik dan Remedial Kesulitan Belajar Siswa

Diperbarui: 7 November 2018   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://civitas.uns.ac.id/MelatiKusumaWardani/

Dalam proses belajar mengajar yang menjadi objeknya adalah siswa atau peserta didik. Proses belajar mengajar dalam sebuah pendidikan bertujuan untuk mendidik, membimbing dan mengarahkan siswanya sesuai dengan tujuan pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan nasional.

Terlepas dari itu semua, untuk mewujudkan pelaksanaan pendidikan maka diperlukan suatu sistem bimbingan belajar untuk mengatasi setiap permasalahan yang menjadi sebuah kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran dan untuk mengatasi permasalahan yang dialami siswa yaitu dengan mendiagnostik kesulitan yang dialami siswa serta melaksanakan remedial teaching kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar.

Pengertian diagnostik kesulitan belajar adalah suatu upaya untuk memahami jenis dan karakteristik serta latar belakang kesulitan-kesulitan belajar dengan menghimpun dan mempergunakan berbagai data atau informasi selengkap dan seobjektif mungkin sehingga memungkinkan untuk mengambil kesimpulan dan keputusan serta mencari alternativ kemungkinan pemecahannya. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi yang menimbulkan hambatan dalam proses belajar peserta didik. Hambatan itu menyebabkan seorang peserta didik mengalami kegagalan atau setidak-tidaknya kurang berhasil dalam mencapai tujuan belajar.

Melalui adanya diagnostik terhadap permasalahan siswa terutama yang berkaitan dengan proses belajar siswa di lingkungan pendidikan, maka seorang pendidik ataupun pihak-pihak yang bersangkutan dengan siswa yang mengalami kegagalan tersebut, dapat mengupayakan adanya pemberian bantuan berupa layanan bimbingan kepada siswa tersebut agar dapat mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dihadapinya sehingga siswa dapat mencapai hasil yang diharapkan serta dapat mencapai tugas perkembangannya dengan baik.

Diagnosis kesulitan belajar adalah suatu usaha yang dilakukan untuk menentukan apakah seorang siswa mengalami kesulitan belajar atau tidak dengan cara melihat indikasi-indikasi sebagai berikut :

  • Nilai mata pelajaran di bawah sedang.
  • Nilai yang diperoleh siswa atau mahasiswa sering dibawah nilairata-rata kelas.
  • Prestasi yang dicapai tidak seimbang dengan tingkat intelegensi yang dimiliki.
  • Perasaan siswa atau mahasiswa yang bersangkutan.
  • Kondisi kepribadian siswa atau mahasiswa yang bersangkutan.

Remedial Teaching adalah segala bentuk usaha terprogram dan tersusun sistematis yang dilakukan untuk memperbaiki atau menyembuhkan individu yang mengalami kesulitan belajar melalui pemahaman terhadap faktor-faktor penyebab kesulitan serta membantu menemukan alternativ solusi kesulitannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline