Lihat ke Halaman Asli

Kemenangan Indonesia di Hanoi, Vietnam. Sejarah Kembali Diukir oleh Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia

Diperbarui: 27 Maret 2024   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Faiz Adnan Saputra

Selasa, 26 Maret 2024 Timnas Indonesia bertandang ke Vietnam untuk berlaga pada babak Kualifikasi Piala Dunia putaran kedua Grup F di Stadion My Dinh National Stadium, Hanoi Vietnam. Pertandingan ini menjadi pertandingan penting bagi kedua tim nasional baik Indonesia maupun Vietnam karena untuk menjaga asa lolos ke putaran babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 nantinya.

Pertandingan yang telah terjadi semalam berhasil dimenangkan oleh Timnas Indonesia sebagai tim tamu ke kandang Vietnam dengan skor telak 0-3 untuk kemenangan Indonesia. Kemenangan Indonesia semalam di Hanoi, Vietnam menjadi sejarah baru karena skuad garuda berhasil memecahkan sejarah tidak pernah menang selama 20 tahun di kandang Vietnam sejak 2004 dan dengan kemenangan ini tim asuhan Shin Tae-yong mencetak sejarah baru bersama dengan skuad garuda yang berhasil membungkam Vietnam di kandangnya sendiri.

Kemenangan Timnas Indonesia semalam menjadi kado yang indah bagi para pendukung garuda di Bulan Ramadhan ini, kemenangan 3 gol semalam di kandang Vietnam berhasil dicetak oleh Jay Idzes menit ke-9' melalui sundulan kemudian gol kedua dicetak oleh Ragnar Oratmangoen menit ke-23' melalui akselerasi yang ditunjukkan Ragnar Oratmangoen di sisi kiri penyerangan Timnas Indonesia hingga babak pertama berhasil ditutup dengan skor 0-2 untuk Indonesia. Babak kedua berjalan dengan intensitas permainan yang sama seperti babak pertama dimana kedua tim baik Indonesia maupun Vietnam saling jual beli serangan hingga pada babak pertambahan waktu menit ke-90+8' Indonesia mampu menambah gol melalui Ramadhan Sananta yang membuat skor akhir menjadi 0-3 untuk kemenangan Indonesia.

Dengan kemenangan tersebut Indonesia berhasil mempertahankan posisi ke-2 di Grup F dengan 7 poin dan Iraq di posisi ke-1 dengan 12 poin, kemenangan itu juga menjaga asa Indonesia untuk lolos ke babak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan menjadi peluang untuk lolos cepat ke AFC Asian Cup 2027. Selain itu, kemenangan Indonesia juga membuat Ranking FIFA Timnas menjadi naik 4 peringkat ke posisi 135. Shin Tae-yong perlahan berhasil membawa sepakbola Indonesia dikenal oleh kancah dunia dan kehadirannya mampu merubah stigma buruk masyarakat terhadap Timnas Indonesia.

#KitaGaruda #BersamaGaruda #GarudaMendunia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline