Lihat ke Halaman Asli

FAIZA HANUM INGGIT THALITA

MAHASISWA PROGDI BK ANGKATAN 2019

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Digital Storytelling

Diperbarui: 12 Januari 2024   06:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Digital Storytelling

Pendahuluan

Pendidikan sebagai fondasi pembangunan sumber daya manusia memiliki peran krusial dalam menghasilkan individu yang berkualitas dan siap menghadapi tuntutan zaman. Dalam konteks tersebut, motivasi belajar menjadi faktor kunci yang memengaruhi kesuksesan pembelajaran peserta didik. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar dapat menjadi langkah strategis untuk meningkatkan motivasi belajar mereka.

Motivasi belajar peserta didik seringkali menjadi perhatian utama dalam konteks pendidikan. Tantangan dalam meningkatkan motivasi belajar menjadi semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman dan beragamnya gaya belajar peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang cerdas dan adaptif, salah satunya melalui pemanfaatan teknologi digital.

Di era digital saat ini, penggunaan teknologi menjadi semakin marak dalam berbagai aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan. Salah satu pendekatan inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah melalui penggunaan digital storytelling. Mendongeng digital adalah alat yang ampuh yang dapat digunakan untuk melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, serta untuk menumbuhkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis mereka. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep "Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Digital Storytelling" dan memberikan tanggapan akademis yang komprehensif terhadap topik ini.

Pembahasan

Digital storytelling adalah teknik yang melibatkan penggunaan media digital, seperti gambar, audio, dan video, untuk menyampaikan cerita atau pesan Setiyadi & Syahrial (2022). Ini memberi siswa platform untuk mengekspresikan ide dan pengalaman mereka secara kreatif dan interaktif. Dengan mengintegrasikan penceritaan digital ke dalam lingkungan pendidikan, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik yang memenuhi beragam gaya belajar dan preferensi siswa. Pendekatan ini memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran Smeda (2014).

            Memahami Motivasi dalam Belajar

Sebelum menggali potensi digital storytelling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, penting untuk memahami konsep motivasi dalam konteks pendidikan. Motivasi memainkan peran penting dalam menentukan kesediaan siswa untuk terlibat dalam kegiatan belajar , bertahan dalam menghadapi tantangan, dan mencapai keberhasilan akademik Ii & Belajar (2010). 

Motivasi intrinsik, yang berasal dari keinginan dan minat internal individu, sangat penting dalam menumbuhkan komitmen yang mendalam dan abadi untuk belajar. Di sisi lain, motivasi ekstrinsik, yang muncul dari faktor eksternal seperti penghargaan atau hukuman, dapat menghasilkan kepatuhan sementara tetapi kurang efektif dalam mempertahankan keterlibatan jangka panjang dan antusiasme untuk belajar Ii & Belajar, (2010).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline