Lihat ke Halaman Asli

Faivana HerningTyas

Saya adalah seorang mahasiswa di Universitas Pertamina

M3GAN, Si Teman Buatan Dari Teknologi AI Yang Jadi Boomerang

Diperbarui: 23 Januari 2024   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Film M3GAN (Model 3 Generative Android) mengisahkan tentang boneka canggih menyerupai manusia dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang diperankan oleh Gemma (Allison Williams), Violet McGraw (Cady), dan M3gan yang diperankan oleh Amie Donald dan Jenna Davis. Kisah ini berawal dari seorang anak bernama Cady yang mengalami kecelakaan dan kedua orang tua nya meninggal pada kecelakaan tersebut sehingga Cady menjadi yatim piatu. Kemudian, hak asuh Cady diberikan kepada tante nya bernama Gemma, seorang wanita karir yang bekerja sebagai ahli robot brilian. Cady yang sebelumnya sangat dekat dengan kedua orang tuanya dan sama sekali tidak dekat dengan Gemma menjadi kesepian dirumah Gemma. Keduanya sama-sama beradaptasi dengan keadaan yang baru pada waktu itu. Cady yang harus berdamai dengan rasa kehilangan dan Gemma yang harus belajar menjadi orangtua untuk anak yang mulai beranjak dewasa. Tentunya, sulit bagi mereka dan memerlukan waktu untuk menerima keadaan yang menimpa nya. 

Pada waktu yang bersamaan, Gemma yang bekerja di suatu perusahaan mainan ternama dituntut oleh atasan nya untuk  menciptakan mainan dengan model baru. Dari latar belakang Cady yang kesepian tersebut, Gemma kemudian terinspirasi untuk menciptakan boneka menggunakan teknologi Al yang dapat digunakan untuk menemani Cady bermain di rumah atau anak-anak lain yang memiliki perasaan senasib atau kesepian juga seperti Cady. Dengan segala usaha keras dan banyak percobaan, Gemma dan tim nya terus menyempurnakan boneka AI buatan nya. Gemma dan tim juga terus melakukan percobaan pada boneka tersebut agar berinteraksi langsung dengan Cady. Atas usaha keras dari Gemma dan tim nya tersebut, maka jadilah boneka dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dapat berbicara dengan manusia, bermain, mendengarkan, menjadi sahabat untuk keponakan nya Cady, bahkan dapat terhubung dengan telepon dan ia namai M3GAN atau  Model 3 Generative Android dan mendapat banyak respon positif.

Perusahaan sangat senang dan puas sekali dengan hasil dari  M3GAN. Cady pun senang sudah memiliki teman bermain dirumah Gemma, terlebih M3GAN diciptakan khusus untuk nya. M3GAN pun diprogram oleh Gemma untuk memiliki rasa emosional sehingga ia sangat sayang dengan Cady. Perusahaan sangat menyetujui boneka AI hasil buatan Gemma dan akan memproduksi massal M3GAN. Seiring dengan penyempurnaan M3GAN sebelum diluncurkan secara massal, Cady dan M3GAN pun semakin dekat, kedua nya semakin terhubung layaknya sahabat yang tidak terpisahkan. Cady selalu ingin membawa M3GAN kemanapun ia pergi, bahkan ia tidak suka jika Gemma menonaktifkan M3GAN. Sikap Cady menjadi keras, ia menjadi semakin tertutup akibat kedekatan nya dengan M3GAN. 

Terlebih, M3GAN memang di program untuk menemani dan melindungi Cady, sehingga ia pun menjadi sangat protektif kepada Cady. Siapapun tidak boleh ada yang menyakiti Cady sedikitpun. Akankah M3GAN akan menjadi sahabat dan pelindung Cady untuk selamanya? Mengapa Cady sangat nyaman bersama M3GAN? 

Kesetiaan yang diberikan M3GAN karena selalu menemani Cady setiap hari membuat Cady nyaman bersama nya. Kenyamanan emosional yang diberikan M3GAN pada Cady pun membuat ia lebih percaya M3GAN daripada Gemma. Sebaliknya, Gemma pun menaruh curiga pada M3GAN karena terlalu protektif pada Cady dan mulai menyadari terdapat hal yang salah pada M3GAN, boneka tersebut menunjukkan banyak hal aneh. Bahkan, Gemma menilai M3GAN menjadi boneka yang berpengaruh karena sulit dikontrol. Kesulitan itu pun secara tidak sadar menciptakan banyak kekacauan besar yang tidak disadari oleh Cady dan Gemma. Lalu, dimana letak keanehan M3GAN? Mengapa ia menjadi boneka yang sangat berpengaruh? Dan bagaimana bisa ia dapat menjadi boomerang?

Untuk tahu kelanjutan cerita bagaimana perjuangan Gemma dan Cady melawan M3GAN boneka AI secara lengkap, anda dapat melihat film nya secara penuh di platform-platform bioskop online saat ini. Hal yang dapat diambil dari film ini adalah sehebat apapun teknologi, tidak dapat menggantikan peran manusia dalam menemani secara fisik maupun emosional untuk manusia lain. Tonton lengkap Film M3GAN untuk tahu bagaimana Si Teman Buatan Dari Teknologi AI bisa jadi boomerang untuk dunia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline