Fai.umsida.ac.id- Bahas psikologi belajar, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melalui Program Internasional Community Service atau Abdimas internasional, melaksanakan kegiatan bertempat di SB SMP An Nadloh Tanjong Sepat, Malaysia. Salah satu fokus utama dalam program ini adalah mengkaji psikologi belajar untuk mengetahui perkembangan anak atau siswa, yang diinisiasi oleh Dosen FAI Umsida Moch. Bahak Udin By Arifin, SPdI MPdI.(28/9/24)
Pentingnya Pemahaman Psikologi Belajar dalam Perkembangan Anak
Dalam dunia pendidikan, pemahaman tentang psikologi belajar sangatlah penting. Hal ini karena setiap anak memiliki gaya belajar dan perkembangan yang berbeda-beda. Moch. Bahak Udin By Arifin menjelaskan bahwa dengan memahami psikologi belajar, guru dan orang tua dapat mengenali potensi serta kekurangan pada anak sejak dini. Pengetahuan ini memungkinkan mereka untuk memberikan dukungan yang tepat, sehingga proses belajar menjadi lebih efektif.
Anak yang didukung dengan metode belajar sesuai dengan kebutuhannya, akan lebih mudah mencapai perkembangan optimal. Ini penting, tidak hanya untuk prestasi akademik, tetapi juga untuk perkembangan emosional dan sosial. Dalam kegiatan ini, Bahak Udin mengaplikasikan konsep psikologi belajar dengan melakukan observasi langsung pada siswa di SB SMP An Nadloh. Hasil observasi ini kemudian dianalisis untuk memberikan rekomendasi yang tepat bagi guru dalam mendampingi perkembangan anak.
Penerapan Psikologi Belajar dalam Metode Pengajaran
Dalam program Abdimas ini, Bahak Udin juga memperkenalkan berbagai metode pengajaran yang berbasis pada psikologi belajar. Salah satu metode yang diperkenalkan adalah pendekatan individual, di mana setiap siswa mendapatkan perhatian khusus sesuai dengan gaya belajar mereka. Hal ini dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa, karena setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam menyerap informasi.
Selain itu, ia juga memfasilitasi pelatihan untuk guru-guru di SB SMP An Nadloh. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan menyesuaikan metode pengajaran mereka sesuai dengan karakteristik psikologis siswa. Dengan begitu, guru dapat lebih mudah menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan anak secara maksimal.
Hasil dan Dampak Positif bagi Perkembangan Siswa
Program Abdimas ini tidak hanya bermanfaat bagi guru dan siswa di SB SMP An Nadloh, tetapi juga memberikan dampak jangka panjang yang positif. Para siswa yang terlibat dalam program ini menunjukkan peningkatan dalam hal kepercayaan diri dan motivasi belajar. Sementara itu, para guru merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan mengajar yang melibatkan berbagai karakter siswa.
Moch. Bahak Udin By Arifin menyampaikan bahwa salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah kemampuan guru dalam memahami dan menerapkan psikologi belajar dalam proses pengajaran. Dengan adanya program seperti ini, diharapkan para guru di SB SMP An Nadloh dan sekolah-sekolah lainnya dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan yang terbaik bagi perkembangan siswa.
Kegiatan ini juga membuka peluang kerjasama lebih lanjut antara Umsida dan sekolah-sekolah di Malaysia dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan dukungan yang berkelanjutan, diharapkan lebih banyak siswa yang dapat mencapai potensi maksimal mereka dan menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan.
Program ini menunjukkan betapa pentingnya memahami psikologi belajar dalam pendidikan. Melalui pendekatan yang tepat, perkembangan anak dapat dioptimalkan, sehingga mereka tidak hanya berhasil dalam akademik, tetapi juga tumbuh menjadi individu yang seimbang dan berprestasi.
FAI Umsida terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan di tingkat internasional. Tertarik bergabung bersama kami?