Lihat ke Halaman Asli

Faisol rizal

akademisi, penulis lepas

Hindari Overthinking! Sumber Gelisah, Stres, dan Pikiran Negatif

Diperbarui: 5 November 2020   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi overthinking (sumber gambar: www.pexels.com/energepic)

Kita tidak hidup sendiri di bumi. Setiap hari kita harus melakukan aktivitas-aktivitas yang mempertemukan kita dengan orang-orang di sekitar kita.

Tak jarang, dari pertemuan-pertemuan dengan banyak orang tersebut muncul berbagai keadaan, dari yang menyenangkan seperti mendapat pertolongan dari teman saat kesusahan, sampai dengan yang tak enak seperti naksir seseorang yang sudah dimiliki orang lain. Seperti itulah sedikit dari banyak hal yang bisa terjadi pada setiap orang.

Memang, sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain, sudah sangat wajar kalau seseorang tidak hanya mendapatkan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan saja. 

Banyak hal yang diluar ekspektasi yang juga harus diterima dengan lapang dada yang seringkali menimbulkan pikiran-pikiran negatif, gelisah, sampai stres.

Tetapi, sudah tahukah anda kalau ternyata pikiran negatif yang muncul, rasa gelisah yang timbul, sampai stres yan membuat diri semakin "amburadul" ternyata tidak hanya akibat dari hal-hal disekeliling kita. 

Serangkaian kondisi negatif tersebut bisa saja adalah hasil dari ketidaktepatan kita mendayagunakan pikiran.

Bentuk Inaccuracy tersebut bisa berwujud hal-hal sederhana seperti rebahan di atas kasur sambil berlebihan memikirkan hal yang belum terjadi, minum kopi sambil berlebihan menganalisis suatu hal yang belum pasti, atau hobi melamun membayangkan banyak rencana yang tak satu pun kita kerjakan.

Waspada Overthinking

Segala hal yang berlebihan biasanya berakibat tidak baik. Ibarat gelas berisi air akan tumpah membasahi meja jika dituang air terus menerus, boros dalam berpikir sampai "Overthinking" ternyata mempunyai dampak negatif buat diri. 

Lantas, boros berpikir seperti apakah sehingga seseorang bisa dianggap overthinking?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline