Lihat ke Halaman Asli

UEFA Euro 2024, Spanyol Vs Jerman, Manakah yang Layak Lolos ke Babak Selanjutnya?

Diperbarui: 4 Juli 2024   23:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Spanyol-vs-Jerman-di-Euro-2024-Jumat-572024/Tribunnews.com

Spanyol dan Jerman merupakan negara besar penghasil atlet sepak bola terbaik. Kejuaraan dunia dan eropa sudah dicicipi oleh dua negara tersebut. Spanyol dan Jerman akan bertemu tanggal 5, Juli 2024. Pada Euro 2024 saat ini, manakah diantara Spanyol dan Jerman yang layak lolos ke babak selanjutnya?

Secara peluang kemenangan saat ini, Spanyol dan Jerman sama-sama mendapat keuntungan sebanyak 35% dan extra time 30%. Artinya peluang yang dimiliki kedua negara seimbang. Berikut head-to-head Spanyol dan Jerman dalam 5 laga terakhir:

  • Spanyol (1) – (1) Jerman, 28 November 2022 (World Cup)
  • Spanyol (6) – (0) Jerman, 18 November 2020 (Nations League)
  • Jerman (1) – (1) Spanyol, 4 September 2020 (Nations League)
  • Jerman (1) – (1) Spanyol, 24 Maret 2018 (Friendlies)
  • Spanyol (0) – (1) Jerman, 19 November 2014 (Friendlies).

Dalam laporan 5 laga terakhir, Spanyol dan Jerman mengoleksi masing-masing 1x kemenangan dan 3x seri. Jika dilihat dari jumlah gol maka, Spanyol memiliki keuntungan lebih besar dari Jerman. Tentu pemain-pemain sekarang juga ada yang berbeda dengan yang dulu.

Pada penyisihan grup, performa Spanyol lebih baik daripada Jerman. Spanyol telah mengumpulkan 9 poin, artinya Spanyol menang sebanyak 3x dan memimpin grup B. Jerman hanya mengumpulkan 7 poin, artinya Jerman hanya mampu mengoleksi 2x menang dan 1x seri.

Selama penyisihan grup, Jerman lebih unggul dalam mengoleksi gol dari pada Spanyol. Jerman mampu mencetak gol sebanyak 8 gol. Spanyol hanya mampu mencetak 5 gol. Sebaliknya, Spanyol lebih unggul dalam hal menjaga kemasukan bola dari pada Jerman. Spanyol mampu clean sheet sebanyak 3x. Jerman hanya mampu 1x clean sheet. Jerman lebik banyak kemasukan bola dari pada Spanyol.

Total keseluruhan gol yang diciptakan Jerman setelah babak 16 besar sebanyak 10 gol. Spanyol mampu mencetak total gol setelah babak 16 besar sebanyak 9 gol. Jerman unggul dalam mencetak gol saat ini, namun Jerman juga lebih buruk dalam menjaga kemasukan gol. Total kemasukan gol Jerman sebanyak 2 gol. Spanyol hanya kemasukan gol sebanyak 1 gol, artinya Spain lebih unggul dalam menjaga kemasukan bola.

Spanyol memiliki pilar muda yang sedang naik daun, yaitu Lamine Yamal. Jerman juga memiliki pilar muda yang sedang berada di top perfoma yaitu Jamal Musiala. Jamal Musiala sudah mengoleksi gol sebanyak 3 gol. Lamine Yamal berbeda, dia lebih unggul mengoleksi assist dibanding Musiala. Lamine Yamal telah mengoleksi assist sebanyak 2 assist.

Spanyol dan Jerman memiliki peluang yang sama-sama layak lolos di babak selanjutnya. Setelah menganalisis kedua negara tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam mengoleksi gol selama Euro 2024, Jerman lebih diunggulkan dari Spanyol. Spanyol juga diunggulkan dalam penjagaan kemasukan gol dibanding Jerman.

Setelah menganalis pertandingan kedua negara tersebut selama turnamen ini, Jerman lebih diunggulkan sedikit diatas dibandingkan Jerman. Hal ini dikarenakan, komposisi pemain yang dimiliki Jerman dalam memainkan peran pemain tengah lebih unggul dan berpengalaman. Dapat diketahui bahwa bola itu bundar, artinya segala sesuatu bisa terjadi begitu saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline