Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Universitas Semarang Adakan Workshop untuk UMKM Kelurahan Sawah Besar Semarang

Diperbarui: 15 April 2023   18:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Universitas Semarang Adakan Workshop untuk UMKM Kelurahan Sawah Besar Semarang

Dukung UMKM, Mahasiswa USM Gelar Workshop Digital Marketing di Kelurahan Sawah BesarDalam rangka mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sawah Besar, kelompok mahasiswa Universitas Semarang mengadakan kegiatan workshop Digital Marketing mengenai pemanfaatan media sosial dalam penjualan bagi UMKM. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan dukungan bagi UMKM agar dapat memanfaatkan media sosial dengan optimal dalam memasarkan produknya. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Kamis (13/04) lalu di Kelurahan Sawah Besar dan dihadiri oleh 25 pengusaha UMKM termasuk Pembina UMKM Kelurahan Sawah Besar itu sendiri.

Kegiatan sosialisasi ini diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Muhammad Faishal yang menyampaikan pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien bagi UMKM. Selanjutnya, dilakukan sesi presentasi dan diskusi antara mahasiswa dan perwakilan UMKM, dimana mahasiswa memberikan berbagai strategi dan tips dalam memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk UMKM.

Program yang diusung berupa kegiatan yang memiliki kaitan erat dengan dunia perekonomian saat ini. Dengan menghidupkan kembali UMKM di Kelurahan Sawah Besar yang sempat menurun, kegiatan penyuluhan tersebut dapat membantu para pengusaha UMKM. Terlebih di era serba digital saat ini juga memiliki dampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat, beradaptasi dengan keadaan yang membatasi interaksi antar individu maka kegiatan pemasaran dengan media sosial sangat diperlukan.

Kegiatan sosialisasi Digital Marketing tersebut berupa penjelasan bagaimana cara memaksimalkan penggunaan Marketplace di Facebook, bagaimana cara mengambil video sederhana dengan menggunakan handphone, serta penulisan caption yang menarik bagi konsumen. Beberapa pengusaha UMKM di Kelurahan Sawah Besar terlihat sangat antusias akan materi yang dipaparkan, terdapat  juga beberapa pertanyaan yang diajukan terkait strategi konten dan penulisan caption yang baik di media sosial.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu UMKM di Kelurahan Sawah Besar untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial, dan menjadi contoh bagi mahasiswa dan masyarakat luas untuk lebih peduli dan berkontribusi dalam mendukung UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar yang menyambut positif inisiatif mahasiswa untuk membantu UMKM. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus dilakukan untuk membantu perkembangan UMKM di Indonesia.

Pelaksanaan kegiatan penyuluhan mengenai Digital Marketing terhadap UMKM di wilayah Kelurahan Sawah Besar diharapkan dapat memberikan perubahan yang positif dalam penjualan produknya dan memanfaatkan media sosial dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline