Lihat ke Halaman Asli

Faisal Yunianto

Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Diponegoro

Penggunaan Spreadsheet Untuk Pengelolaan Keuangan Bumdes Dumeling

Diperbarui: 11 Februari 2023   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Penyerahan sistem dengan pengurus BUMDES

Gambar Screenshot sistem Pencatatan berbasis Spreadsheet

BUMDES atau yang lebih dikenal dengan Badan Usaha Milik Desa. Sudah tidak asing jika tiap desa memiliki BUMDES. Desa Dumeling yang berlokasi di Kabupaten Brebes, Kecamatan WanasarI masih aktif dalam menjalankan kegiatan BUMDES. Ada beberapa usaha yang dijalankan seperti jasa pengangkutan sampah.

Kami dari KKN UNDIP Tim 1 Desa Dumeling memiliki program yang berkaitan dengan BUMDES Desa Dumeling. Salah satu program yang diangkat adalah pemberdayaan BUMDES. Permasalahan yang terjadi di BUMDES adalah sistem pencatatan pelanggannya yang belum tertata rapi, sehingga data pelanggan belum jelas ditambah sistem pencatatan keuangan yang masih manual.

Disini kami membuat satu sistem pencatatan keuangan dan pelanggan yang berbasis spreadsheet. Sudah tidak asing bagi dalam menggunakan spreadsheet. Alasan menggunakan spreadsheet adalah penggunaannya yang bisa dipakai dimana saja selama terhubung dengan internet serta email dan dapat dipantau dengan handphone sekalipun. Kelebihan lainnya adalah ketika melakukan pengolahan data yang besar spreadsheet dengan mudah dan cepat mampu mengolah data, jika menggunakan excel terkadang akan mudah lemot, dan kecepatan mengolah data tergantung pada kekuatan spesifikasi dari device yang digunakan.

Diperkirakan ada 1600 data yang akan diolah dan penggunaan formula yang berat. Kelemahan menggunakan excel adalah harus menggunakan formula yang tepat sesuai dengan versi yang digunakan. Ketika kita menggunakan formula excel yang versi baru akan kesulitan jika dibuka pada excel yang versinya lebih rendah dari yang versi kita buat.

Ketika kita menggunakan spreadsheet ingin kita buka di device dengan spesifikasi rendah selama terhubung dengan email dan internet masih bisa digunakan. Penggunaan sistem ini sangat memperhatikan human error, terutama ketika melakukan input data. Selain itu, sistem ini terkoneksi dengan google form yang digunakan untuk input data seperti nama, alamat, RT, RW, dan tanggal berlangganan.

Google form sendiri merupakan ide dari salah satu anggota kami yang membuat program tentang pemasaran BUMDES. Bagaimanapun sistem keuangan ini akan berjalan bersama dengan pemasaran. Sistem ini telah selesai dan sudah dipaparkan kepada para pemangku BUMDES. Untuk kelanjutannya, sistem ini akan dipakai selama kegiatan usaha ini berlangsung dan yang pasti ketika ada kerusakan sistem kami dari KKN UNDIP Tim 1 akan siap melakukan pembenahan secara jarak jauh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline