Lihat ke Halaman Asli

Kuliah Kerja Sosial (KKS) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Kel. Jatiranggon, Kota Bekasi

Diperbarui: 8 Maret 2023   14:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Sosial sebagai bentuk suatu pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat yang termasuk dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Kegiatan KKS FAI UHAMKA dibentuk menjadi 25 kelompok dengan tujuan pengabdian yang berbeda-beda dan masing-masing kelompok terdiri dari 12 mahasiswa yang berasal dari 3 Program Studi, yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Perbankan Syariah.

Berbeda dengan kelompok lainnya yang melaksanakan pengabdian di daerah Depok-Bogor, kelompok 20 melaksanakan KKS di Desa Jatiranggon, Bekasi. Dimulai sejak tanggal 20 Februari s.d 5 Maret 2023 dengan 5 program rutin dan 4 program unggul. Program rutin terdiri dari Dauroh Arabiyyah Sa'idah setiap hari Senin dan Selasa sore, Baca Tulis Qur'an setiap Rabu sore serta membantu mengajar PAUDQ Masyawajar setiap pagi, mengajar TPA Masyawajar setiap sore, mengajar TPQ Masyawajar setiap malam. Sedangkan program unggul terdiri dari Pelatihan Microsoft Word, Buka Rekening Online Bank Syariah Indonesia, Semarak Isra' Miraj dan Kamus Yaumiyyah Li Athfal.

Dok. pribadi

Pembukaan KKS kelompok 20 pada hari Senin, 20 Februari 2023 bertepat di Majelis Ta'lim Masyawajar yang dihadiri oleh Ketua RT 04 yaitu Bapak Hasbiallah, Sekretaris RW 01 yaitu Bapak Zulhelmi Hafidz, Ketua Karang Taruna RW 01 yaitu Kakanda Bayu, Ketua Majelis Masyawajar yaitu Bapak Ahmad Hidayat, Ketua PAUDQ Masyawajar Bapak Tabroni, tokoh agama yaitu Ustadz Anas Nurhafidz, Lc serta para orang tua dan sesepuh lainnya.

Dok. pribadi

Kegiatan KKS ini disambut dengan baik oleh masyarakat Desa Jatiranggon, terutama para anak-anak dan remaja yang sangat antusias dalam kegiatan Semarak Isra' Miraj yang dimeriahkan dengan Lomba MHQ, Adzan dan Kaligrafi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline