Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Cara Neuron Berkomunikasi?

Diperbarui: 7 Maret 2022   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Neurotransmitter adalah sebuah senyawa kimiawi dalam tubuh yang bertugas menyampaikan pesan dari satu sel saraf ke sel saraf target di otot, kelenjar, dan bagian lain yang ada di dalam tubuh manusia. 

Neurotransmitter memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh kita untuk mengatur kinerja sistem tubuh yaitu: Detak jantung, pernapasan, pencernaan, mengontrol pola nafsu makan. Neurotransmitte ini memiliki 4 jenis yaitu :

-Asetilkolin

Asetilkolin atau yang bisa disebut dengan neurotransmitter rangsang ini pada umumnya dilepaskan oleh neuron motorik dan neuron saraf otonom. Asetilkolin ini memiliki beberapa fungsi seperti mengontrol detak jantung, merangsang kinerja hormon, dan memicu kontraksi otot.

-Dopamin

Dopamin adalah salah satu senyawa kimia organik dalam tubuh kita dan berperan penting dalam tubuh kita. Fungsi dari dopamine itu sendiri adalah untuk mengontrol kerja sistem motorik pada tubuh, mengkoordinasi gerakan tubuh, kognitif otak, memori, serta perilaku.

-Serotonin

Serotonin adalah suatu neurotransmitter monoamino yang dipercaya sebagai pemberi perasaan senang karena berfungsi untuk mengatur suasana hati, mengatur waktu tidur, makan, dan pembekuan darah.

-Nerupinefrin

Norepinefrin adalah hormon dan neurotransmitter yang mempengaruhi banyak aspek kesehatan mental, emosional, dan fisik Anda. Kadar norepinefrin yang rendah terus bekerja di otak dan tubuh Anda, tetapi kadarnya meningkat saat Anda menghadapi stres, bahaya, atau ancaman lain.

Setelah mengulas tentang jenis dari neurotransmitter, mari kita lanjutkan membahas tentang hormon manusia. Apasih hormon manusia itu?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline