Lihat ke Halaman Asli

Faisal

Fathonah

Membantu UMKM Peternak Ayam Petelur

Diperbarui: 6 Oktober 2021   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

proses perpindahan telur dari kandang peternakan ke tray karton telur (Dokpri)

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahaiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dilaksanakan pada tanggal 06 September 2021 sampai dengan 04 Oktober 2021 bertempat di Desa Masaran, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek yang beranggotakan diantaranya Ariskha Putra Wibawa, Herdin Cahaya Purnama, Natasya Ria Putrianti, Radha Frames Wara, dan Faisal selaku koordinator, berserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Dra. Sri Wahjuni Latifah, MM.Ak,CA. mempunyai program kerja salah satunya membantu pengembangan UMKM peternak ayam petelur punya salah satu warga.

Usaha ternak di daerah ini sangat sedikit yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar, terutama ternak ayam petelur. Kendala yang dialami saat melakukan usaha ternak sangatlah banyak, diantaranya yaitu terletak pada kesehatan ayam, harga telur dan pakan yang tidak stabil, dana/modal, serta apabila telur yang pecah sehingga tidak dapat dijual. Hal ini yang mendorong Kelompok PMM UMM Kel.16 Gel.14 untuk membantu UMKM peternak ayam petelur dalam mengembangkan usahanya.

Program kerja yang dilakukan oleh Kelompok PMM UMM Kel.16 Gel.14 untuk membantu mengembangkan UMKM peternak ayam petelur yaitu dengan melakukan sharing atau sosialisasi kepada sasaran pelaku ternak ayam petelur dalam pemasaran yaitu marketing communication. 

Selain itu, menggali potensi dengan melakukan observasi dan wawancara peternak ayam petelur seperti bagaimana menyortir telur yang baik,  cara merawat kandang yang benar, membuat adonan pakan kemudian memberikan pakan ayam petelur tersebut.

proses pemberian pakan ayam petelur sehari dua kali (Dokpri)

Maka, dengan adanya kegiatan PMM ini mahasiswa beserta pengelola UMKM peternak ayam petelur bisa lebih saling mendalami tentang cara berwirausaha dibidang peternakan ayam petelur, akan memberikan timbal balik kepada peternak dan para mahasiswa tersebut. Terlebih lagi manfaat yang diperoleh dari kegiatan PMM ini mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang berternak ayam petelur.

"kami berharap ke depannya peternak ayam petelur semakin maju dan berkembang. Serta semakin banyak lagi di wilayah desa kami yang ingin berwirausaha peternak ayam petelur dan juga sasaran pemasaran ayam petelur semakin meluas" Ibu Asih, pengelola UMKM peternak ayam petelur




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline