Lihat ke Halaman Asli

IBD, Pak Thamrin Dahlan, dan Kompasiana

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13396779621683466522

Kamis, 14 Juni 2012. Kami panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karuia-Nya buku kami dapat membuat sebuah bukuyang berjudul  Ilmu Budaya Dasar. Tidak lupa pula kami berterima kasih kepad Bapak Thamrin Dahlan selaku Dosen Ilmu Budaya Dasar, karena beliau lah yang selama satu semester ini membimbing, memberi masukan dan motifasi kepada kami  untuk membuat beberapa tulisan yang akhirnya menjadi sebuah buku. Ya .. memang awalnya ini adalah sebuah tugas yang diwajibkan kepada mahasiswa, khususnya kami kelas 1kb01 untuk membuat sebuah tulisan dengan berdasarkan delapan  tema yang telah ditentukan. Tema-tema tersebuat sebagai berikut :

1.Manusia dan Harapan

2.Manusia dan Cinta Kasih

3.Manusia dan Tanggung jawab

4.Manusia dan Kegelisan

5.Manusia dan Keindahan

6.Manusia dan Keadilan

7.Manusia dan Pandangan Hidup

8.Manusai dan Penderitaan

Buku ini merupakan kumpulan dari semua karya mahasiswa kelas 1KB01. Awalnya merupakan tugas dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, namun kami disarankan oleh dosen kami untuk membukukan tugas-tugas ini agar bisa dibaca oleh semua orang. Dan agar semua ide ide mahasiswa kelas 1KB01 Universitas Gunadarma Angkatan 2011 kekal tak lekang oleh waktu.

Menggabungkan sebuah pemikiran setiap mahasiswa UG (gunadarma) dan dijadikan sebuah buku merupakan suatu hal kebanggaan bagi kami. Kami dapat saling bercerita dan bertukar pendapat mengenai apa yang kami alami kemudian kami tulis. Bapak dosen pun sudah membagi ilmu dalam menulis berbagai jenis tulisan kepada kami sehingga ilmu-ilmu yang kami milik dapat saling berbagi dengan teman-teman melalui sebuah tulisan.

Awalnya kami hanya sekadar menulis lalu ngengunggahnya ke situs resmi Universitas Gunadarma yaitu studentsite.gunadarma.ac.id dan juga mengirimnya melalui surat elektonik(email) ke email dosen kami. Tapi dosen kami kembali menyarankan agar tulisan-tulisan yang kami buat diunggah dan diterbitkan di situs kompasiana.com dengan registrasi terlebih dahulu, agar tulisan kami mendapat “Roh dan nyawa”yaitu komentar dan tanggapan, lantasnya.

1339678957643218128

Kami selaku mahasiswa yang baik, mengikuti saran dosen kami, untuk registrasi di kompasiana.com lalu menerbitkan tulisan kami. Mulai dari satu orang, dua orang sampai banyak seperti sekarang ini. Sampai-sampai dua dari teman kami tulisannya menjadi Headline (HL), yaitu Oriza Giustika dengan judul  “Kami ‘Seniman Jalanan’ Berharap pada Kalian” dan Muhammad Ilham Utama dengan judul “Layakkan Mereka Bermalam di Tempat Ini?”. Itu merupakan suatu kerbanggan tersendiri selaku teman kami. Hari ini pula, pertemuan terakhir dengan Pak Thamrin Dahlan dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.

Sekali lagi kami mengucapkan banyak terima kasih atas bimbingan, saran, masukan, dan ilmu yang telah Bapak berikan. Salam UG ! dan Kompasianer ! -1kb01.

Berikut dokumentasi kami bersama Pak Thamrin Dahlan :

13396792551175714331

13396794361707979404




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline