Lihat ke Halaman Asli

Faisal BintangPrasetya

Mahasiswa pembuat berita

Perkembangan Komunikasi Islam di Zaman Modern

Diperbarui: 19 Januari 2022   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: suaracirebon.com

Komunikasi islam yakni penyampaian pesan pesan sesuai prinsip islam yang didalamnya juga terkandung banyak nilai nilai islam. Dalam zaman modern ini,manusia semakin mengembangkan teknologinya dalam berbagai hal. Salah satunya media komunikasi online yang semakin maju. 

Pada tahun 1910 jumlah negara muslim di dunia yang memiliki infrastruktur untuk memajukan system komunikasi islaminya sangatlah sedikit. Kebanyakan dari negara muslim yang sudah merdeka menyewa alat alat infrastruktur komunikasi untuk menyebarluaskan ajaran islami. 

Dikutip dari Ensiklopedi Oxford Dunia Islam Modern, pertumbuhan radio dan televisi di dunia Islam melesat sejak Perang Dunia II dan berakhirnya era kolonial.

Penggunaan radio sangatlah banyak dibandingkan televisi pada tahun 1930,karena perkembangan televisi terbilang cukup lambat untuk masuk ke negara negara muslim tersebut. Televisi diperkirakan masuk pada awal tahun 1960-an sebagai media hiburan,pendidikan dan dakwah.

Dikutip dari republika.co.id Di dunia Islam, baik radio maupun televisi, secara umum digunakan untuk menyebarkan budaya Islam demi legitimasi negara, tetapi tidak untuk menyebarkan praktik anti-Islam. Dengan majunya teknologi,terdapat banyak dampak negative dan positif. 

Contoh dari dampak positifnya ialah memudahkan semua umat muslim untuk saling membantu dan tolong menolong dalam segala hal.Yaitu seperti beramal yang tidak harus bertatap muka tetapi bisa ikut meyumbangkan harta bagi saudara sesame muslim yang membutuhkan. 

Selain itu,dengan adanya teknologi yang sudah semakin canggih dapat membantu umat muslim untuk mempelajari,mengenal serta mendalami agama islam. 

Sedangkan dampak negative dengan adanya teknologi ialah dapat merusak akhlak dan moral umat muslim.Internet yang dapat diakses kebanyakan menyoroti budaya kebarat baratan yang bisa menghilangkan adab umat muslim. 

Budaya kebarat baratan yang juga telah memasuki internet sehingga banyak remaja yang meniru gaya hidup mereka dari internet tersebut.

Dalam komunikasi islami juga terdapat esensi atau hakikat. Dilansir dari laman web ilkom.unida.gontor,ac.id Esensi (hakikat) komunikasi Islam adalah mengajak manusia kepada jalan dakwah yang lebih menekankan kepada nilai-nilai agama dan sosial budaya, yakni dengan menggunakan prinsip dan kaedah yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadits. Prinsip tersebut telah dijelaskan dalam  ayat ayat Al quran dalam berbagai ayat. Salah satunya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline