Lihat ke Halaman Asli

Faiq Yamamah

Mahasiswa

Pendampingan Belajar RT Selama Pembelajaran Online

Diperbarui: 27 Agustus 2021   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pembelajaran online (online learning) dapat dirumuskan sebagai "a large collection of  computers in networks that are tied together so that many users can share their vast resources" pembelajaran online juga meliputi aspek perangkat keras berupa smartphone maupun laptop yang saling terhubung satu sama lain dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan data, baik teks, video, suara untuk kemudian saling terhubung.

Keuntungan pembelajaran online adalah media yang menyenangkan sehingga menimbulkan ketertarikan siswa pada metode yang diberikan.

Di Indonesia pembelajaran oline sudah mulai digunakan semenjak pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 hal ini memaksakan para guru dan siswa untuk beradaptasi secara cepat meliputi cara belajar, waktu mapun fasilitas. Pembelajar online tidak hanya diterapkan di kota-kota besar saja namun juga di banyak daerah  kecil seperti di Desa Mrisi Kabupaten Grobogan. 

Permsalaha yang muncul dengan adanya pembelajaran online ini ialah kurangnya fasilitas yang dimiliki para siswa untuk mengikuti pembelajaran online seperti smartphone dan kouta internet pengingat mata pencaharaian masyarakat yang bergantung pada hasil panen dan hasil perkebunan. Hal yang terjadi selanjutnya ialah banyak para siswa yang tertinggal dalam materi pembelajaran.

Pendampingan belajar RT merupakan salah satu hal sederhana yang bisa membantu meringankan beban belajar siswa maupun beban orang tua yang selama ini juga mengalami kesulitan dalam mengcover Pendidikan anak mereka. Pendampingan pembelajaran RT bisa dimulai dengan memasang wifi atau akses internet di masing-masing rumah RT untuk kemudian digunakan sebagai sarana belajar online anak-anak RT setempat. 

Lingkungan lingkup RT dipilih karena cakupanya yang tidak luas namun bisa diakses seluruh anak hal ini juga untuk menghindari kerumaunan, setidaknya anak-anak yang menggunakan fasilitas RT hanya anak-anak yang memang hanya berdomisili di RT tersbut.

Tidak hanya belajar secara berkelompok dengan teman se RT, pendampingan lanjutan juga bisa dilakukan dengan mndatangkan perwakilan anak muda karang taruan desa untuk mendampingi belajar anak-anak di setiap RT. Jadi selain tersedia fasilitas yang bisa diakses anak-anak juga memiliki kakak pendamping yang dapat memberikan paduan pembelajaran selama online learning.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline