Lihat ke Halaman Asli

Faiqotuzzahro

Masih Belajar

Nuzulul Quran-Malam Diturunkannya Al Quran

Diperbarui: 5 Mei 2021   03:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pexels

Bulan Ramadhan, Bulan suci Umat Muslim sedunia dimana kehadirannya selalu dinanti-nanti, bulan yang penuh Rahmat, kasih sayang, dan penuh keberkahan didalamnya.

Islam mewajibkan berpuasa sesuai perintah Allah SWT. dalam Al-Qur'an, QS. Al-Baqarah : 183

-Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"QS Al- Baqarah 2:183.

Membahas tentang Al-Qur'an, Bulan Ramadhan tidak lepas dari sejarah turunnya Al-Qur'an, didalam bulan inilah Al-Qur'an diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW. lewat perantara Malaikat Jibril tepatnya pada malam ke-17 Bulan Ramadhan, ayat Al-Qur'an yang pertama kali turun yaitu surat Al-alaq ayat 1-5.

Dalam peristiwa ini biasa disebut dengan Nuzulul Qur'an yang secara harfiah mempunyai makna turunnya Al-Qur'an, secara istilah yaitu peristiwa penting penurunan Al-Qur'an secara keseluruhan dari lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah di langit dunia.

Pada malam Nuzulul Qur'an kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak tadarus Al-Qur'an dengan mengharap ridho dari Allah SWT. 

SEMOGA BERMANFAAT




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline