Lihat ke Halaman Asli

Faiq Giehan

Mahasiswa

Dari Kampus ke Desa, Mahasiswa KKN Undip Tim II Membuat Pelayanan Publik Berbasis Digital Kepada Perangkat Desa Cokro

Diperbarui: 16 Agustus 2024   06:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

**Desa Cokro, 30 Juli 2024** - Mahasiswa Tim II KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Diponegoro 2024 berupaya meningkatkan pelayanan publik di Kantor Kepala Desa Cokro dengan digitalisasi informasi pelayanan publik.

Acara yang dilaksanakan di Balai Desa dihadirkan sekitar 12 orang perangkat desa. Mahasiswa KKN mulai membahas terkait kegunaan pelayanan berbasis digital ini dan menyesesuaikan dengan teori E-Government, dan di akhiri dengan tutorial memakai pelayanan berbasis digital ini.

Upaya peningkatan pelayanan publik tersebut dimulai dari digitalisasi informasi syarat-syarat pembuatan dokumen, profil desa sampai email dan nomor bantuan. Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Undip memanfaatkan website carrd.co dalam upaya tersebut. Peningkatan pelayanan publik tersebut dimulai dari peluncuran website carrd.co dan pelatihan perangkat desa dalam penggunaan. Kemudian dilanjutkan sosialisasi dan menyebarluaskan informasi platform tersebut kepada masyarakat. Platform tersebut dapat diakses masyarakat melalui barcode yang tersedia di spanduk Informasi Kantor Kepala Desa Cokro, serta link yang sudah di sebar luaskan dari RW setempat kepada masyarakat Desa Cokro.

Selain pemaparan materi, perangkat desa terlihat antusias terkait pembuatan pelayanan berbasis digital ini. “Pelayanan berbasis digital ini akan mempermudah masyarakat untuk tidak bolak-balik ke balai” ujar salah satu perangkat Desa Cokro.

Pada platform tersebut, berisi informasi syarat-syarat pembuatan akta kelahiran, akta kematian, KTP, KIA, SKTM, surat keterangan kehilangan, link dukcapil klaten, profil desa beserta potensinya dan lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline