Lihat ke Halaman Asli

Kabar Baik, Indonesia Negara Paling Optimis dan Tingkat Kepercayaan Masyarakat ke Pemerintah Tertinggi Sedunia

Diperbarui: 22 Februari 2019   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Gallup World Poll

Masyarakat dan Pemerintah tidak bisa dipisahkan. Keduanya adalah unsur penting dari Negara. Ukuran hubungan keduanya adalah kepercayaan. Kabar gembiranya adalah Indonesia menempati negara dengan kepercayaan masyarakat tertinggi sedunia lho.

Tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia ke pemerintah tertinggi sedunia loh

Percaya atau tidak, survey membuktikan kalau Indonesia menempati ranking pertama negara dengan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah tertinggi sedunia. Data ini dirilis oleh OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) yang dipublikasi pada 17 Juli 2017.

OECD melansir hasil surveynya dengan menyajikan data bahwa tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia adalah 80%, angka yang fantastis. Coba bandingkan dengan negara besar lainnya yang tergabung dalam OECD, hasilnya ternyata beragam dan berjarak cukup jauh.

Amerika hanya dapat  30%. Inggris 31%, Perancis 28%, Jerman 55%. Coba bayangkan negara-negara yang bisa dikategorikan maju hanya mendapat angka yang sangat kecil. Data memang berkata seperti itu. Namun patut kita gali lebih jauh, apa saja indikator pentingnya, apakah hanya harapan ekonomi saja atau meliputi hal lainnya seperti kebudayaan.

Berawal dari kepercayaan lalu menjadi optimis bro sis

Source: Gallup World Poll

Kata optimis bukan hanya jargon semata, ini ditunjang oleh riset data dari lembaga kredibel. Lembaga Survey Gallup International menyurvei 55 negara untuk menggali informasi bagaimana optimisme warga terhadap masa depan dan kesehariannnya.

Gallup international mengukur tiga indikator, yakni harapan-optimisme  di bidang ekonomi dan kebahagiaan. Dan yang mengejutkan ternyata Indonesia berada di puncak hasil survey sebagai negara paling optimis dengan skor indeks harapan 67.

Ini tentu bisa membuktikan kalau mayoritas warga Indonesia merasa yakin dan optimis kalau hidup keseharian mereka bisa terjamin bahagia, aman dan nyaman.

Kita harus mengapresiasi survey dari OECD dan Survey Gallup International, dari sana kita bisa melihat fakta bahwasanya Indonesia ini memang baik baik saja. Bahkan banyak pengamat luar negeri yang memprediksi lompatan level raihan prestasi Indonesia di kancah Internasional tinggal menunggu waktu saja. saya  percaya, kamu?

Sumber:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline