Lihat ke Halaman Asli

Fahrur Rozy

Masyarakat Umum

Teknologi Informasi sebagai Solusi Penanganan Pandemi Virus Covid-19

Diperbarui: 3 Januari 2022   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Illustrasi. (Foto: Shutterstock)

Pandemi Covid-19 ini sudah berlangsung sejak Maret 2020 lalu dan hingga kini pandemi masih merajalela di Indonesia.

Pemerintah sudah melakukan banyak hal untuk menangani pandemi ini dan juga berusaha untuk menanggulangi angka pesebaran virusnya agar tidak menyebar luas hingga ke pelosok Indonesia.

Tetapi, virus ini telah menyebar sangat cepat disetiap harinya dan berhasil menjangkiti masyarakat Indonesia yang sedang beraktifitas dan juga mereka yang melakukan kontak langsung dengan yang telah terjangkiti oleh virus ini.

Beragam solusi yang sudah pemerintah berlakukan agar virus ini tidak terus menyebar luas dan tidak terus menjangkiti masyarakat yang sedang beraktifitas diluar. Melalui dari segi ekonomi, social, politik, komunikasi, dan kesehatan.

Dalam hal ini, Teknologi Informasi menjadi peran penting untuk membantu pemerintahan dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 yaitu:

  1. Dalam bidang ekonomi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memberlakukan sistem jual beli secara online. Dengan adanya pemanfaatan tersebut, masyarakat tidak perlu untuk keluar ke pasar atau supermarket bahkan ke mall hanya untuk membeli barang yang mereka perlukan.
  2. Dalam bidang sosial yang memanfaatkan teknologi informasi untuk media hiburan kita selama karantina dirumah saja. Jadi, kita disajikan berbagai macam hiburan seperti menonton film, game, sampai penyajian pertunjukan yang ditayangkan secara daring yang bertujuan untuk menemani masa-masa karantina dirumah.
  3. Dalam bidang politik yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarkan informasi lebih lanjut tentang pengambilan kebijakan terbaru selama kita dikarantina dirumah.
  4. Dalam bidang komunikasi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyelenggarakan Video Conference, yang dimana kita bisa melakukan meeting, ketemu client, melakukan pembelajaran, mengadakan sosialisasi dan juga seminar bisa dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Video Conference ini.
  5. Dalam bidang pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengadakan Class Online. Dengan diadakannya kelas daring ini diharapkan siswa dan mahasiswa dapat melakukan pembelajaran selama masa karantina dan begitu juga dengan guru dan dosen yang masih bisa melakukan pengajaran secara daring.
  6. Dalam bidang kesehatan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menyebarkan informasi lebih lanjut tentang vaksin, update terbaru mengenai korban yang terjangkit dan yang sembuh, dan juga memberikan tips dan trik hidup sehat selama masa karanina yang dimana informasi ini tersedia di media-media konvensional maupun non-konvensional.

Dengan berkontribusinya teknologi informasi dalam menangani penyebaran virus Covid-19 diharapkan dapat memberikan efek yang cukup signifikan terhadap sikap masyarakat dalam menghadapi pandemic ini dan menumbuhkan rasa mawas diri dan juga saling menjaga agar pandemic ini bisa cepat selesai dan kita bisa hidup bebas seperti semula




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline