Lihat ke Halaman Asli

Fahrul Nurkolis

Scientist ¦ Nutrition and Health Sciences Communicator

Ini Pangan Fungsional yang Liver-Friendly

Diperbarui: 6 Mei 2022   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Liver. Sumber Ilustrasi :Pixabay

Hati atau Liver merupakan organ penting untuk membantu tubuh Anda mengeluarkan racun.

Anda dapat menganggap hati Anda sebagai sistem filter yang membantu menyingkirkan produk sampingan yang buruk sambil juga membantu tubuh Anda mempertahankan zat gizi dari makanan yang kalian makan.

Namun, dalam hal kesehatan hati, tidak semua makanan diciptakan sama. Ini terutama benar jika Anda memiliki kondisi seperti sirosis atau hepatitis C, yang dapat mempersulit hati Anda untuk menyaring makanan dan zat gizi sebagaimana mestinya, loh.

Makan makanan Liver-Friendly seperti di bawah ini dapat membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh penyakit hati/liver. Check it out, guys!

1. Alpukat (Persea americana)

Alpukat adalah buah yang sekaligus sebagai bahan pokok dalam banyak masakan. Mereka secara teknis adalah bagian dari keluarga berry dan menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk memperbaiki kesehatan hati.

Alpukat. Sumber Ilustrasi: Pixabay

Satu tinjauan tahun 2015 oleh Gupta dkk, para peneliti dari Australia ini melihat peran makanan tertentu pada orang dengan penyakit hati berlemak nonalkohol.

Para peneliti tersebut menemukan bahwa konsumsi alpukat dalam jumlah sedang dalam pengaturan diet seimbang dikaitkan dengan penurunan berat badan dan perbaikan tes fungsi hati secara keseluruhan.

Orang yang makan alpukat juga cenderung memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih rendah dan lingkar pinggang (Victor dkk, 2013).

Mereka juga memiliki kadar kolesterol HDL (baik) yang lebih tinggi. Diperkirakan bahwa beberapa dari efek ini terkait dengan serat tinggi, minyak sehat, dan kandungan air pada alpukat.

2. Kopi 

Secangkir kopi harian Anda mungkin memainkan peran yang lebih penting bagi kesehatan Anda daripada yang Anda kira, Loh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline