Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Fahrizal Aziz

Penulis, Blogger

Masjid Megah dan Artistik di Kota Blitar

Diperbarui: 24 Desember 2022   16:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Halaman Masjid Ar Rahman, Kota Blitar. Dok/pribadi


Baru kali ini, di Kota Blitar, Masjid menjadi destinasi wisata. Sejak rampung tahun 2019 lalu, Masjid yang berlokasi sebelah barat Stadion Gelora Supriyadi tersebut ramai dikunjungi untuk ibadah dan sekaligus obyek berfoto ria.

***

Ialah Masjid Ar-Rahman, di bagian sampingnya ada tulisan HIC (Hariyanto Islamic Center), dan bangunan dalam terdapat tulisan MG atau Mayangkara Group.

Masjid megah yang mirip Masjid Nabawi tersebut dibangun oleh seorang pengusaha ternama, Abah H. Hariyanto, yang juga menjadi pusat kegiatan Hariyanto Islamic Center.

Sosok kharismatik tersebut memulai usaha sebagai agen minyak tanah, lalu membangun Radio Mayangkara FM, yang kemudian menjadi jaringan radio di Blitar, Tulungagung, hingga Jombang.

Di antara jaringan radio Mayangkara Group yang terkenal adalah Radio Patria, Perkasa dan Jossh FM Tulungagung, hingga Kartika FM Jombang.

Bisnis lainnya adalah agen LPG dan SPBU yang juga tersebar di beberapa daerah. Seluruh lini usahanya ini dibawah Mayangkara Group dan ia menjadi Presiden Komisarisnya.

Sejak awal, Masjid yang terletak di Jl. Ciliwung No.2, Kel. Bendo, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar itu memang didesain sebagai a little Nabawi, dari bangunan, ornamen, hingga pewangi ruangannya. Sebuah Kiswah juga terhampar megah di pengimaman, Kiswah asli dari Ka'bah.

Bangunan depan baru saja rampung, sebuah gapura mirip Bawwabat Makka atau Gerbang Al Quran, dan halaman full keramik terhampar di atas Kali Lahar. Saat ini sedang penyempurnaan lahan parkir basement.

Para jamaah bisa masuk dari sisi utara untuk perempuan dan selatan untuk laki-laki, ada loker-loker yang bisa digunakan menyimpan barang, dan sepanjang lorong disediakan kopi, teh serta jahe hangat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline