Lihat ke Halaman Asli

fahrizal salafudin

Mahasiswa universitas Muhammadiyah Surabaya

"Sambal Ontong Pisang" Ciptakan Cita Rasa Indonesia

Diperbarui: 26 Oktober 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bahan dan sambel ontong pisang

Sambal adalah ciri khas dari lidah indonesia. tanpa sambal orang bilang tidak akan lengkap jika tidak makan dengan sambal. Banyak jenis sambal yang ada di indonesia. Namun,pernahkah kalian mendengar "sambal ontong pisang?". Ya!. Inovasi baru dari Mahsiswa KKN Tematik kelompok 1 Universitas Muhammadiyah Surabaya membuat sambal berbahan dasar ontong pisang atau yang biasa disebut jantung pisang. Ternyata, selain bisa digunakan untuk olahan makanan berkuah,ontong pisang/jantung pisang ini bisa dibuat sambal.

Pada kamis (28/09/2023) trial error pertama  pembuatan sambal ontong ini masih harus dilakukan evaluasi,dikarenakan masih terdapat rasa getah dari ontong pisang tersebut. Kemudian pada rabu (04/10/2023) trial error ke dua berhasil mendapatkan rasa yang diharapkan dan tidak ada rasa getah pada sambal ontong tersebut. 

Pembuatan sambal ontong ini terbilang cukup mudah,karena hanya menambahkan bahan-bahan dasar dapur. Dengan cita rasa yang khas ditambah tekstur dari ontong pisang, akan menambah selera makan apalagi jika dicampur dengan nasi yang masih panas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline