a. Pembukaan
Salah satu tempat untuk anak belajar dan mengembangkan berbagai aspek yang ada dalam dirinya adalah dengan bersekolah. Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tempat pendidikan yang memiliki tujuan untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.
Untuk mengetahui tiap perkembangan dan pertumbuhan anak tentu guru perlu melakukan sebuah pengumpulan dan pengolahan informasi tersebut, yang kemudian dikenal dengan istilah evaluasi pembelajaran.
Singkatnya lagi evaluasi adalah penilaian. Evaluasi ini menjadi penting dalam sebuah pembelajaran karena dari sebuah proses pembelajaran yang menciptakan dan akan terlihat beberapa perubahan tingkah laku peserta didik dan kemampuannya dalam menerima sebuah pembelajaran dikelas.
Dengan begitu evaluasi dalam pembelajaran menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan bagi pendidik dalam merencanakan pembelajaran, mengembangkan proses pembelajaran, penguasaan pada bahan ajar, kemampuan menguasai kelas.
Pengetahuan guru dalam merancang evaluasi juga menjdi hal penting karena menjadi salah statu kategori pendidikan yang bermutu yang memahami dan memenuhi kebutuhhan akan perkembangan anak sesuai dengan usianya.pengetahuan guru tentang merencang evaluasi diharap sesuai dengan standar PAUD dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesi a Nomor 147 Tahun 2014 mengenai standar penilaian yang dilakukan pendidik harus menggunakan acuan instrument penilaian dengan standar tingkat pencapaian perkembangan dengan usia anak. Mengapa begitu? Supaya tercipta pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kebutuhan dan perkembangan anak terpenuhi secara optimal.
Menurut Istiwantiningtyas dan Wulansari (2018:199 ) penilaian dapat dilakukan melalui pengamatan, pencatatan dan dokumentasi tentang kegiatan anak. adanya penilaian ini tidak hanya untuk mengukur keberhasilan dari suatu program, melainkan untuk memantau kemajuan dari perkembangan anak. dalam pelaksanaannya penilaian dapat dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan supaya dapat mengetahui tiap kemajuan belajar dan perkembangannya.
Proses dari evaluasi atau penilaian ini juga beragamm bisa dengan melakuakn pengamatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai aktivitas dan beljar anak selama pembelajaran. Dan selanjutnya yaitu dilakukan pengumpulan data yang dilaksanakan setiap akhir pada pelaksanaan pembelajaran.
Dari berbagai argument yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa guru tidak hanya seseorang yang mengajar dan memberikan sebuah materi untuk peserta didiknya melainkan juga harus bisa merancang sebuah evaluasi untuk mengetahui seberapa tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan, dan untuk mengetahui informasi tentang perkembangan peserta didiknya, yang kemudian diamati dan dikumpulkan sebagai dasar dalam mengambil sebuah keputusan.
Ada berbagai macam evaluasi yang diterapkan dalam sebuah lembaga. Ada yang Tes maupun Non tes, dan lain sebagainya. Dari perbedaan-perbedaan yang ada antara sekolah satu dengan yang lain membuat penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian di TK Dharmawanita Kemasan-Krian tentang evaluasi pembelajaran yang diterapkan di TK tersebut. Selain itu penulis juga ingin mengetahui beberapa alasan mengapa dilakukan dan yang dipilih adalah evalusi tersebut dan mengapa tidak memilih yang lain selengkapnya akan kita bahas bersama melalui reportase ini dengan judul “EvaluasiPembelajaran Anak Usia Dini di TK Dharmawanita Kemasan-Krian“
b. Pembahasan