Lihat ke Halaman Asli

Fahrisa Prameswari

Universitas Airlangga

Industri Kreatif Korea Selatan bagi Perekonomian Negara

Diperbarui: 6 Juli 2022   13:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

K-pop dan K-drama menjadi salah satu hal yang digandrungi saat ini. Tidak heran di masa pandemi dengan minimnya kegiatan yang dapat dilakukan di luar sana orang-orang akan mencari hiburan baru di rumah. Meningkatnya penikmat Korean Pop dan Korean Drama memberikan dampak tersendiri bagi negara Korea Selatan. Hal tersebut terlihat dari data statistik bahwa industri musik di Negeri Ginseng telah  berhasil mencatatkan peningkatan penjualan album sebesar 67%.

Dalam pembangunan ekonomi, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang berfokus pada pemanfaat industri kreatif. Melalui popularitas Hallyu atau budaya pop Korea seperti k-pop dan k-drama, negara ginseng ini menjual produknya ke seluruh dunia. Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi memaparkan bahwa perekonomian yang dialami oleh Korea Selatan saat ini tidak lagi dalam tahap mengandalkan manufaktur, tetapi sudah memasuki bidang industri jasa, industri kreatif, dan digitalisasi. Hal tersebut dapat terjadi karena popularitas budaya pop Korea yang tinggi.

Strategi dalam menjalankan industri kreatif di Korea Selatan menjadi salah satu kunci terjadinya peningkatan. Strategi yang dilakukan bukan hanya dalam segi pemasaran K-pop dan K-drama tetapi juga dalam K-brand. Ketika seseorang telah tertarik dengan sesuatu tidak dipungkiri bahwa mereka ingin mengenal lebih jauh tentang kebudayaan dan produk-produk yang terdapat di negara tersebut. 

Berawal dari ketertarikan tersebut muncullah keinginan untuk memiliki produk-produk yang mungkin berkaitan dengan drama yang disukai, grup musik yang digemari, atau produk-produk kecantikan yang menarik perhatian. Strategi yang dilakukan tidak hanya berfokus pada branding tetapi juga kualitas. Produk-produk yang ditawarkan menggunakan kualitas yang baik dan memiliki standar internasional sehingga dapat bersaing di pasar global bukan hanya di pasar lokal. Dari segi pemasaran, produk, dan kualitas yang dipikirkan secara matang dapat menghasilkan strategi dan hasil yang memuaskan, hal ini dinilai efektif karena dapat meningkatkan perekonomian negara Korea Selatan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline