Lihat ke Halaman Asli

Fahri Anhar

Mahasiswa

Membuka Peluang Karir Profesional Melalui Mentoring Leader HA IPB

Diperbarui: 28 Mei 2023   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Setelah sukses menyelenggarakan Menlead Talks chapter 1 bidang Professional pada 27 Mei 2023, Mentoring Leader Batch 5 Himpunan Alumni (HA) IPB kini mengadakan talkshow Menlead Talks Chapter 2 bidang Professional pada 28 Mei 2023. Talkshow ini mengangkat tema 'Great Leaders Inspire Everyone to Take Action'.

Talkshow ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Mentoring Leader Batch 5 HA IPB yang bertujuan untuk memperkenalkan karir di bidang profesional oleh para mentor kepada para mentee. Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk gelar wicara (talkshow) secara daring melalui platform Zoom Meeting.

Sumber: mentoringleader

Acara ini dipandu oleh Rizki Romdoni sebagai moderator dan diisi oleh mentor yang sangat berpengalaman, yaitu Rudy Afandi, yang merupakan seorang HR Adviser and Professional Coach. Rudy Afandi juga pernah menjabat sebagai Chief Human Capital Officer di PT. XL Axiata Tbk. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh seorang alumni mentee dari Mentoring Leader Batch 2 yang kini menjabat sebagai Strategic Research Team Leader di PT Bank Syariah Indonesia, yaitu Citra Atrina Sari.

Rizki sebagai moderator memulai diskusi dengan membahas pentingnya mentoring bagi kita.

"Mentoring adalah transfer pengetahuan. Melalui mentoring, kita dapat memberikan dan melihat perspektif yang berbeda untuk membantu kita dalam pengambilan keputusan," ujar Rudy dengan antusias menyambut kegiatan mentoring leader ini.

Citra menambahkan bahwa sikap proaktif juga penting dalam kegiatan mentoring. "Sebagai mentee, kita perlu bersikap proaktif. Dengan menjadi proaktif, kita dapat melatih kemampuan berpikir kritis dan pembelajaran yang cepat. Sebagai mentee, kita juga harus memiliki keberanian. Keberanian dapat muncul melalui mentalitas pemenang (winner mentality) dan pola pikir tumbuh (growth mindset)," tambahnya.

Pembahasan selanjutnya difokuskan pada kepemimpinan, Citra menjelaskan bahwa kepemimpinan adalah tentang menginspirasi dan mempengaruhi orang lain. "Kepemimpinan bukan hanya tentang jabatan, tapi juga tentang kontribusi," tegasnya.

Rudy juga setuju dengan pandangan tersebut dan menambahkan bahwa kepemimpinan berarti bertanggung jawab. "Kepemimpinan adalah tentang memperluas apa yang dapat kita lakukan. Kita tidak boleh suka menyalahkan orang lain atau merasa menjadi korban," lanjutnya.

Setelah sesi talkshow kedua berakhir, para pembicara menyampaikan pesan untuk mengoptimalkan kesempatan mentoring yang telah disediakan oleh HA IPB. Mereka mendorong untuk memiliki keberanian keluar dari zona nyaman dan mengeksplorasi hal-hal baru. Selalu mengikuti cahaya perjalanan di depan, meskipun sekitar jalanan terasa gelap dan dipenuhi oleh pikiran berlebihan (overthinking). Selalu konsisten dan terhubung dengan Yang Di-Atas agar senantiasa mendapatkan bimbingan-Nya.  “Kesuksesan itu bisa terjadi di setiap langkah yang kita lakukan” tegas Rudy.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline