Lihat ke Halaman Asli

Fahra zahra alya

Mahasiswa aktif jurusan ilmu komunikasi di universitas gunadarma

Capsule Wardrobe, Konsep Fashion Kalangan Gen-Z yang Menjamur

Diperbarui: 11 Agustus 2023   20:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Istockphoto

Terkini merupakan kata yang pantas disematkan untuk trend fashion dikalangan gen-z saat ini. Gen-z yang dikenal dengan gaya fashion kekinian tentu sangatlah update dengan hal apapun yang menjadi trending. Saat ini konsep capsule wardrobe sudah tidak lagi asing ditelinga masyarakat luas terutama kawula muda. Sebenarnya, apa sih capsule wardrobe itu? Mari kita bahas bersama!

Capsul wardrobe merupakan konsep memilih atau membeli beberapa item pakaian yang memang bergu a dan mudah dikombinasikan satu sama lain, dan sifatnya timeless atau bisa digunakan kapan saja tanpa mengenal tren. Dikutip dari the every girl, capsule wardrobe terdiri dari beberapa jenis pakaian selerti koleksi atasan, bawahan, dress, outwear  sepatu dan aksesori yang dapat dengan mudah digunakan dan dipadu padankan, umumnya konsep ini mengusung tema warna netral seperti hitam, putih, nude, dan lain lain. Jadi apabila anda ingin mulai menerapkan capsule  wardrobe perhatikan juga kesepadanan warnanya ya..

Awal mula konsep capsule wardrobe mulai  menjamur adalah banyak influncer kalangan fashion yang mulai membagikan atau menyebarluaskan kontennya yang berisi langkah langkah maupun penerapan capsule wardrobe itu sendiri, salah satunya yaitu influencer fashion tiktok dengan akun @fionathaniel yang membagikan konten berupa fashion guide dari mulai capsule wardrobe, color analysis dan styling untuk berbagai jenis body type ataupun outfit inspo. Hal tersebut tentu menarik perhatian para gen-z untuk menerapkan apa yang dibagikan melalui kanal media sosial tersebut, selain karena kontennya yang berkaitan dengan sifat gen-z yang up to date, juga bersifat persuasi terhadap audiencenya.

Capsule wardrobe sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 1970-an yang dicetuskan oleh Susie Faux, seorang pemilik butik di London bernama wardrobe. Lalu mulai dikembangkan kembali di era globalisasi ini dengan bantuan gen-z. Lalu langkah apa sih yang bisa dicoba untuk memulai capsule wardrobe ? Mari disimak

Pertama,  sortir pakaian yang ada dilemari untuk mengetahui mana pakaian yang sudah tidak dipakai seperti kekecilan atau sudah usangdan mana yang belum. Kedua, tentukan pakaian yang termasuk dalam list capsule wardrobe, hal ini memudahkan anda untuk mengeliminasi pakaian yang timeless, minimalist atau mudah dipadu padankan dan mana yang merupakan fast fashion. Ketiga, buatlah ide outfit untuk diri anda selama 10 hari kedepan, capsule wardrobe umumnya hanya berjumlah 25 sampai 37 koleksi saja, namun jangan salah jumlah item tersebut mampu anda padu padankan selama kurang lebih 10 hari secara beragam.

Nah itu tadi merupakan sekilas penerapan dari capsule wardrobe yang menjadi topik hangat konsep fashion saat ini.nah, apakah anda tertarik untuk memulai hidup minimalist melalui konsep capsule wardrobe? Jika anda tertarik,  Selamat mecoba...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline