Lihat ke Halaman Asli

Fahrani Saleh

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi

Menu Makanan ala Anak Kos

Diperbarui: 11 Juli 2021   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Anak kos biasanya identik dengan mie dan telur, dikarenakan uang yang pas-pasan membuat mereka harus makan apa adanya. Kebiasaan itu membuat mereka menjalani pola makan tidak sehat, seperti yang dilansir dari Harvard Health Publishing para ahli memperlihatkan bahwa mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat memang sulit. Salah satu penyebab utamanya ialah karena kekuranagan motivasi. 

Makanan sehat untuk anak kos sebenarnya tidak harus mahal, ada banyak jenis makanan sehat yang mudah dibuat seperti sayur bening dan tempe goreng sudah lebih sehat dari membeli makanan diluar. Makanan yang tidak membutuhkan banyak bumbu juga bisa menjadi pilihan. Berikut menu makanan yang bisa dimasak            anak kos : 

1. Nasi Goreng 

Nasi goreng salah satu makanan yang tidak membutuhkan banyak bumbu dan mudah dibuat, hanya perlu memotong bawang merah dan bawang putih serta 2 buah cabai, tambahkan sedikit penyedap rasa. Taraaa! Nasi goreng praktis siap disajikan. 

2. Martabak Mie 

Salah satu makanan praktis lainnya adalah martabak mie, cara membuatnya juga sangat mudah. Pertama, didihkan air lalu rebus mie, setelah itu tiriskan. Kemudian siapkan dua butir telur lalu campur dengan mie yang telah ditiriskan, setelah itu goreng dalam minyak panas, tunggu beberapa menit. Martabak mie siap disajikan. 

3. Tempe Tahu Asam Manis 

Tempe tahu asam manis juga menjadi salah satu menu makanan anak kos. Karena bahannya mudah didapat dan harganya juga terjangkau, hanya membutuhkan dua buah tempe dan dua buah tahu serta tambahkan bumbu-bumbu. Tumis semuanya bersamaan dan tunggu beberapa menit, setelah siap jangan lupa disantap dengan nasi.   

4. Nasi Bumbu Mie Instan 

Dengan beragam kreativitas mie instan bisa dibuat menjadi banyak macam, salah satu nasi bumbu mie instan. Makanan praktis ini biasanya dibuat anak kos saat sedang lapar-laparnya, didukung cara buat yang mudah. Hanya membutuhkan satu bungkus mie instan varian apa saja sesuai selera dan beras satu cup, masak keduanya bersamaan dalam rice cooker. Tunggu beberapa saat dan makanan siap disajikan selagi hangat. 

5.Sayur Bayam 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline