Lihat ke Halaman Asli

Ayam Taliwang Khas Lombok

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Lombok adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat, pulau ini banyak sekali memiliki tempat yang sanagat indah, seperti pantai Senggigi dan kota Mataram. Dan salah satu yang Istimewa dari pulau ini adalah makanan khas nya yang sangat menggugah selera.

Salah satu makanan khas pulau ini adalah ayam taliwang, ayam yang diolah sedemikian rupa ini telah banyak di jadikan menu makanan di restoran atau rumah makan di Indonesia khususnya di kota-kota besar. Dan sekarang saya akan membahas tentang ayam taliwang ini.

Mengapa disebut ayam taliwang? Itu karena masakan ayam berbumbu ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kampung ini berpenduduk 3. 309 jiwa atau 729 keluarga. Ada cerita, bumbu ayam dahulu kala ditemukan oleh H Murad (alrmarhum) dan istrinya, Salmah dari Karang Taliwang, tetapi waktunya tidak di ketahui secara pasti.

Saya yang kebetulan mempunya orang tua yang berasal dari sana sering sekali menyantap hidangan ini, rasanya yang bisa di jadikan macam-macam seperti pedas, manis dll. Sewaktu pertama kali mencoba saat saya masih kecil, saaya penasaran dengan resep yang dibuat oleh ibu saya. Karena dulu sewaktu kecil saya adalah bocah yang mudah sekali penasaran saya bertanya kepada ibu saya, kenapa ayamnya kok beda dengan yang ibu buat seperti biasanya, itu karena bumbu yang dipakai juga berbeda dan rasanya pun jauh lebih nikmat.

Setelah itu saya jadi sering makan ayam taliwang ini, hingga sekarang. Saya pun mulai mencari resep dari ayam taliwang ini. Dan sekarang sudah banyak sekali tersebar resep-resep pembuatanannya di internet dan majalah. Berikut adalah salah satu resep dari ayam taliwang beserta cara pembuatannya:

Bahan:
6 potong ayam bagian paha atas
500 ml air
3 sdm cuka
3 sdm minyak untuk menumis
1 sdt garam
3 lembar daun jeruk
3 sdm air jeruk limau

Bumbu:
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt terasi
20 buah cabai merah besar
4 buah cabai rawit merah
1 buah tomat
2 cm kencur
1 sdt merica butiran

Cara membuat:
- Rebus ayam dan cuka hingga daging ayam berubah warna. Angkat. Tiriskan.
- Tumis bumbu halus hingga harum.
- Masukkan daun jeruk, aduk rata.
- Masukkan daging ayam ke dalam bumbu tumis.
- Tambahkan air jeruk, aduk rata.
- Masak hingga daging ayam matang
- Angkat.
- Panggang ayam di atas bara api sambil diolesi bumbu hingga berwarna kecokelatan dan harum.
- Angkat.
- Sajikan dengan hiasan.

Indonesia ini kaya akan kulinernya, oleh karena itu kita harus lestarikannya dengan cara terus mengkonsumsinya dan dijadikan makanan favorit. Seperti saya yang menjadikan ayam taliwang ini sebagai makanan favorit saya. Semoga pembaca mempunya makanan favorit dari makanan asli indonesia, sekian..




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline