Lihat ke Halaman Asli

Wisata Banyumas

Diperbarui: 17 Juni 2015   07:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14304813661946247836

W

isata Baturraden yang terletak di lereng sebelah selatan kaki gunung Slamet sebuah gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di kecamatan Baturraden, kabupaten Banyumas memiliki pemandangan yang luar biasa untuk dijadikan tujuan wisata. Anda dapat menikmati udara sejuk karena Baturraden terletak pada ketinggian sekitar 650 m dengan suhu rata-rata 18o-25ocelius. Kawasan wisata Baturraden berjarak sekitar 15 km dari kota Purwokerto ibu kota dari Banyumas dengan ciri khas berbahasa ngapak, ora ngapak ora penak. Atau dengan alternatif lainbisa naik kereta dan turun di Stasium Kroya terus menyewa mobil travel, waktu yang dibutuhkan dari stasiun Kroya ke Baturraden memakan waktu sekitar 2jam.

[caption id="attachment_414166" align="alignnone" width="300" caption="patung tentang legenda baturraden"]Baturraden

Tiket masuk disana Rp.14.000,- dan buka dari jam 06.00-17.00 cukup murah karena anda bisa mencoba sepeda air yang dibawahnya dipelihara ikan mas, kakap jadi sewaktu menaiki sepeda air kita bisa memegang dan melihat secara jelas ikan yang ada disitu serta berenangdi kolam renang langen kusuma yang disediakan secara gratis serta melihat ke indahan air terjun yang kadang muncul pelangi menambah keelokan pemandangan wisata tersebut.Selain air terjun utama anda juga bisa melihat air terjun kecil pada aliran sungai dibawah 2 jembatan penghubung.

Yang unikada theater alam di Baturraden anda bisa menonton film didalam bekas pesawat jenis foxer 28 milik maskapai Garuda dengan membayar Rp.5000,- . Film yang diputar seperti tragedi tsunami, gunung merapi, TMII ada pula film anak-anak yang rata-rata berdurasi 10-15 menit. Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal untuk makan karena disana ada sate kelinci/ayam yang siap menggoyang lidah anda. Jika ingin ke Sumber Air Panas Belerang Pancuran 3 tiket masuk dikenai biaya Rp.10.000’- yang didalamnya ada pemandiaan air panas karena kandungan belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti kadas, panu, jerawat, dan gatal-gatal, seandainya tidak mau berendam di sumber air panas anda bisa membeli serbuk belerang yang bisa digunakan di rumah. Ada pancuran Pitu yang letaknya di atas Pancuran Telu dengan mendaki lagi sekitar 2 km, disebut Pancuran Pitu karena terdapat air terjun yang berjumlah tujuh yang terbentuk karena aliran air panas (belerang) secara terus menerus untuk memasuki wilayah ini dikenakan biaya sama seperti masuk ke Pancuran 3.

1430481886921085795

[/caption]Nama Baturraden di ambil dari kisah jaman dulu yaitu Batur =pembantu & Raden =Putri adipati/Ningrat. Jaman dahulu menceritakan seorang Batur (pembantu) yang bernama Suta didalam sebuah kadipaten yang bertugas untuk merawat kuda milik sang Adipati. Ketika selesai dengan tugasnya lalu Suta berjalan mengelilingi kadipaten untuk beradaptasi mengenali tempat kerja, tak lama kemudian disekitar tempat pemandian terdengar jeritan seorang wanita yang minta tolong. Suta lalu mencari sumber suara tersebut, akhirnya ia tiba dan melihat ada seekor ular raksasa yang didekat Putri Adipati mulutnya terbuka lebar siap memangsa Putri Adipati tersebut. Sebenarnya Suta juga ketakutan melihat ular raksasa tetapi kerena kasihan dan merupakan Putri majikannya lalu ia memberanikan diri untuk memukul ular tersebut dengan bambu besar. Setelah berkali-kali pukulannya tersebut mengenai kepala akhirnya ular tersebut mati. Sejak kejadian itu, keduanya saling jatuh cinta dan berencana melanjutkan kejenjang pernikahan.

Namun ayahnya mengetahui berita tersebut dan melarang putrinya untuk berhubungan dengan suta karena perbedaan derajat dan martabat. Karena telah menyukai Putri Adipati alasan kenapa suta dimasukkan ke penjara bawah tanah yang digenangiair sehingga menyebabkan demam, tidak dikasih makan dan minum. Sang Putri sangat sedih mendengar kabar itu, lalu menyuruh pengasuhnya untuk membebaskan Suta dari penjara. Setelah berhasil membawa kabur Suta lalu sang Putri melakukan perjalanan panjang dengan menaiki kuda. Sampailah disebuah sungai dan beristirahat sejenak untuk menyembuhkan suta. Kemudian mereka menikah dan menetap ditempat tersebut. Tempat itu kemudian diberi nama Baturraden.

Tak lengkap disana kalau tidak mencicipi soto sokaraja salah satu makanan yang khas di daerah Banyumas, umumnya kalau soto memakai nasi dan sambal cabai berbeda dengan soto sokaraja yang memakai sambal kacang dan irisan lontong. Sedangkan oleh-oleh yang khas disana adalah gethuk goreng Sokaraja. Semoga bisa menjadi rujukan tujuan wisata untuk mengisi waktu liburan anda anda.

[caption id="attachment_399406" align="alignleft" width="300" caption="cascade"]

1424870484962324921

[/caption]

[caption id="attachment_399410" align="alignleft" width="300" caption="theater Alam"]

1424870783847262887

[/caption]

[caption id="attachment_414168" align="alignright" width="300" caption="kolam renang"]

14304823481993010656

[/caption]

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline