Lihat ke Halaman Asli

Hasil Survei IQ Rata-Rata Orang Indonesia 78.49: Apakah Bisa Menjadi Acuan?

Diperbarui: 12 Oktober 2023   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ilustrasi: PIXABAY

Akhir-akhir ini kita mendapatkan informasi dari berbagai portal media digital, yang mana menuliskan sebuah headline terkait dengan tingkat IQ negara Indonesia yang berada di angka rata-rata 78.49, yang mana angka rata-rata ini menempatkan posisi negara Indonesia berada di peringkat 126 dari 193 negara. Angka tersebut berasal dari situs web yang mengumpulkan dan menganalisis data yang tersedia secara publik, seperti Wisevoter dan juga World Population Review.  

Ada hal yang menari dalam pemberitaan ini, dimana saya menemukan berbagai situs berita online di Indonesia khususnya, mengutip hasil survei dari kedua situs tersebut. Dari sinilah saya tergugah untuk mencari tahu situs apakah ini ?, metode apakah yang dipakai dalam risetnya? Dan apakah bisa menjadi acuan untuk bidang akademik, dsb. Mari kita simak bersama.

Selayang Pandang Tentang Wisevoter Dan World Population Review

 

Situs web Wisevoter dan World Population Review menyediakan informasi dan peringkat tentang negara-negara di seluruh dunia, seperti peringkat pendidikan, kecerdasan, populasi, dan faktor sosial lainnya. Namun, perlu diingat bahwa informasi dari kedua sumber ini kadang-kadang menjadi subjek perselisihan.

Wisevoter menilai negara-negara berdasarkan berbagai kriteria, termasuk pendidikan dan kecerdasan, yang dapat digunakan untuk membandingkan negara-negara di seluruh dunia.

Sebaliknya, World Population Review adalah situs web yang menyediakan berbagai statistik dan data demografis tentang populasi di seluruh dunia, termasuk estimasi populasi negara, perbandingan usia, perkiraan pertumbuhan penduduk, dan banyak lagi. 

 

Menilik Dua Situs Survei

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline