Lihat ke Halaman Asli

Review Novel "Samudra Pasai"

Diperbarui: 24 Juni 2021   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Judul Buku : Samudra Pasai

Penulis : Putra Gara

Penerbit : Mizan

Halaman : 463

Novel ini bercerita tentang tiga generasi, berjuang untuk kerajaan yang sama yaitu Samudra Pasai, dengan cerita yang berbeda-beda.

Malikussaleh, pendiri yang penuh karisma meninggal ketika semua rakyatnya puncak cinta terhadap sang raja; malikuddahir, terperangkap dalam bara dendam musuh lama, yang nyaris menyulut perang saudara yang penuh darah; Malikuddahir II terjebak dalam cinta tak sampai, yang membawa pergi jauh dirinya. Untuk mengobati luka hatinya, namun kemudian dia kembali ke negrinya dan menjadi sesosok gagah pewira.

Samudra Pasai adalah  kerajaan Islam pertama yang ada di bumi Nusantara yang terletak di Aceh. Kerajaan yang makmur dan berdaulat, dengan raja yang adil dan bijaksana.

Tapi semua itu berada di ujung tanduk. Samudra Pasai terancam hancur di tangan keserakahan Gajah Mada

Novel karya Putra Gara ini adalah novel yang pertama kali saya baca dalam hidup saya dan seketika itu saya terkesan dengan novel ini karena kepiawain penulis dalam merangkai kata-kata dan menggambarkan karakter- karakter tokoh dan keadaan negri Samudra Pasai sehingga kita bisa membayangkan betapa indah dan makmurnya Samudra Pasai kala itu. 

Ia berhasil menceritakan sejarah Samudra Pasai dengan sangat menarik, karena novel ini tidak hanya bercerita tentang sejarah saja melainkan juga dibumbui dengan persahabatan, penghianatan dan percintaan, sehingga novel ini sangat direkomendasikan untuk dibaca bahkan bagi seorang yang tidak suka sejarah akan menyukai novel ini, karena saya termasuk orang yang kurang minat dangan sejarah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline