Lihat ke Halaman Asli

fedora fahmi

manusia biasa

Rutinan Diba'an Bisa Memperkuat Tali Persaudaraan

Diperbarui: 3 Januari 2023   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

saat mahallul qiyam (dokumen pribadi)

Kompasianer tentu tidak asing lagi dengan istilah diba'an? Diba'an merupakan kegiatan membaca sholawat maulid diba' karangan syekh wajihudin Abdurrahman bin Muhammad bin Umar bin Yusuf bin Ahmad bin Umar asyaibani az-Zabidi asy-syafi'I, kegiatan ini masih banyak dilaksanakan di penjuru Indonesia termasuk di desa desa seperti di daerah saya, tepatnya di Dusun Karangpoh Desa Ponokawan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh salah satu tokoh agama dan dilanjut dengan pembacaan lantunan sholawat maulid diba' dan juga rowi sampai setelah mahallul qiyam biasanya ada qultum yang diberikan oleh salah satu ustad dan diakhiri dengan doa.

Kegiatan ini biasa bertempat di masjid dan rutin dilaksanakan pada hari selasa malam setelah menunaikan sholat isya' secara berjamaah, para warga beserta pemuda dan juga anak-anak sangat antusias kalau ada acara seperti ini, tidak sedikit pula yang menjadikan acara ini sebagai sarana memperkuat tali persaudaraan.

Salah satu tokoh agama, ustad Syaikhul mengatakan, kegiatan rutinan dibaan ini sudah berjalan selama 3 tahun terakhir dan sudah memberi dampak positif yang amat besar bagi elemen masyarakat sekitar, kegiatan rutinan diba'an ini juga menjadi sarana edukasi pembelajaran bagi anak-anak untuk membiasakan bersholawat sejak kecil.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline