Lihat ke Halaman Asli

fedora fahmi

manusia biasa

Pesan Habib Husein Ja'far Al Hadar dalam Menyambut Tahun Baru Masehi 2023

Diperbarui: 2 Januari 2023   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(sumber:NU online)

Sebelumnya saya mengucapkan selamat tahun baru masehi 2023 nggih, dan ini merupakan pesan dan juga nasehat yang diberikan oleh Habib Husein Ja'far Al Hadar guna menyambut tahun baru masehi 2023

Ya Allah tahun depan aku gimana? Di akhir tahun 2022 ini pikiran itu mungkin ada di banyak kepala kita, apalagi di tengah kabar ditahun 2023 akan ada banyak tantangan. Dalam hal ekonomi ada isu akan terjadi resesi lalu dalam hal kesehatan masih ada ancaman covid yang masih mengintai dan lain sebagainya. Sehingga banyak dari kita yang kemudian berfikir ya Tuhan tahun depan aku gimana?

Dan entah kenapa justru dipergantian tahun kita tidak isi dengan refleksi tentang hal ini namun justru dengan festivalisasi yang bukan hanya tidak menyelesaikan masalah difikiran kita tentang bagaimana diri kita di tahun depan? Tapi justru akan membuat kita tidak pernah mempersiapkan tahun depan, karena utamanya baik tidaknya tahun depan itu kalau kita merefleksikannya dengan baik dan menyerahkannya kepada Yang Maha Baik. Dan tentu cara menyerahkannya kepada Yang Maha Baik dengan kita merefleksi, bukan justru mengisi dengan festivalisasi atau yang lain lain. 

Tentu merayakan pergantian tahun itu oke namun sepatutnya tidak dengan hal hal yang berisi kemaksiatan dan tidak menggeser refleksi kita, karena itu agar kita tidak dibuat bingung dan takut dalam pertanyan Ya Allah tahun depan aku gimana? Tutup tahun ini dan awali tahun depan dengan refleksi. Apa yang kurang untuk kita perbaiki, apa yang baik untuk kita tingkatkan, dan apa yang sudah luarbiasa untuk kita pertahankan.

Pesan diatas merupakan sedikit nasehat dari beliau Habib Husein Ja'far Al Hadar  yang diharapkan bisa kita renungi dan bisa kita jalani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline