Lihat ke Halaman Asli

Guru Gaptek

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di zaman yang semakin modern saat ini , memang sudah banyak alat – alat yang praktis , apalagi alat – alat yang membantu kelangsungan belajar mengajar . Banyak dari kita sebagai murid – murid disekolah khususnya di SMA , sudah mendapatkan manfaat alat – alat yang membantu untuk kelangsungan belajar mengajar , contohnya seperti LCD . LCD itu sebagai media yang membantu kelangsungan mengajar secara efektif , jadi guru ketika menjelaskan suatu materi menggunakan LCD tersebut , informasi yang diberikan kepada peserta didik sangat cepat ditangkap oleh pesertadidik.

Dibeberapa sekolah memang sudah ada yang memakai metode dan alat – alat seperti itu , namun di sekolah saya , guru sosiologi saya masih dibilang gaptek ( gagap teknologi ) , ini yang saya khawatirkan , ketika masih ada guru – guru yang tidak mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Masih bnyak guru disekitar kita yang masih belum bisa memakai laptop , memakai alat – alat teknologi yang sudah banyak digunakan pada saat proses belajar saat ini , memang murid – murid di sekolah saya terima – terima saja , mau gurunya memakai metode pembelajaran yang bagaimanapun , tetapi yang saya khawatirkan , alat – alat seperti LCD , laptop sangat berpengaruh untuk dipakai pada saat proses belajar , seperti masalah waktu yang digunakan dalam proses belajar , guru sosiologi saya tidak memakai LCD , Karena masih menggunakan secara manual , waktu yang terpakai terbuang sia – sia karena menyatat dipapan tulis yang membuat waktu tidak secara efisien terpakai .

Dikelas saya pun , murid – murid hanya focus kepada mencatat , guru tidak memberikan kebabasan kepada muridnya untuk berperan aktif dikelas , jadi saya dan kawan – kawan saya dikelas hanya mencatat mencatat dan mencatat saja . Pemikiran guru yang tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak memakai metode – metode yang baik dalam proses belajar mengajar , sangat berdampak kepada siswa – siswanya , guru sosiologi saya saat ini mungkin bisa dibilang masih menganut metode – metode yang tidak efektif dalam mengajar , saya sebagai siswa dikelas sangatlah rugi , sangatlah disayangkan kalau gurunya masih gaptek .

Saya sebagai siswa , bingung kenapa guru – guru yang masih gaptek , tidak mau mempelajari media – media dan metode – metode yang efektif untuk proses belajar siswanya. Guru saya yang gaptek ini , tidak pernah memberikan kebebasan kepada muridnya , kalau belajar selalu saja dengan muka yang menakutkan , saya pun kadang – kadang risih kalau dilihatin sama dia.

Apalagi yang paling menyakitkan kalau pas waktu ulangan , masa jawabannya harus persis sama yang dibuku ?
siswa jadi tidak leluasa untuk mengembangkan jawabannya , ya kalau kitanya jawab tidak sesuai sama apa yang diinginkan guru itu, ya jawabannya salah. Guru yang tidak modern seperti ini yang bisa dibilang merugikan murid – murid yang mempunyai kreatifitas tinggi , jadi murid tidak bisa mengeluarkan kreatifitasnya pada saat proses belajar berlangsung dan kita sebagai murid selalu terima – terima saja.

Memang sih , guru itu tauladan yang harus dicontoh , tapi kalau masih ada guru yang tidak mempunyai metode metode yang tidak efektif untuk mengajarkan kepada anak – anak muridnya , yaaaa guru itu belum bisa dibilang pantas untuk menjadi tauladan , itu sih menurut saya hehehe .
Jadi sebaiknya guru – guru yang gaptek , jangan pada males buat mencari tahu teknologi – teknologi yang berkembang saat ini , kalau gurunya pinter dan memiliki metode metode yang baik dalam mengajarkan muridnya , pasti muridnya juga pinter dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline