Lihat ke Halaman Asli

Fahmi Azis

Uin Raden Mas Said Surakarta

Wisata Hidden Gem Umbul Kroman atau Embung Mranggen

Diperbarui: 23 Mei 2023   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

gmbr1/fahmi azis

Wilayah Kabupaten Klaten memiliki ribuan mata air yang mengalir, keberadaan sumber mata air ini tentu memberikan keberkahan bagi pariwisata di kota Klaten itu sendiri. Ribuan mata air itu kemudian di manfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari, Adapun yang telah berkembang menjadi tempat wisata yang indah. Beberapa sumber mata air yang kemudian berkembang menjadi objek wisata terkenal. 

Pada awal tahun 2022, muncul satu mata air atau yang sering disebut dengan Umbul, yang siap meramaikan objek wisata air di kota klaten. Air mata ini diberi sebutan dengan Umbul kroman yang bertempatan di desa Mranggen, Jatinom, Klaten.

Belum banyak bangunan yang berada disekitar lokasi umbul, sehingga keberadaannya terkesan masih asri dan sejuk karena tempatnya yang terpencil serta jauh dari perkotaan. Masih banyak warga sekitar yang menggunakan mata air ini untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci baju, mandi dan yang lainya. Banyak anak kecil warga sekitar yang juga sering bermain di umbul ini. 

Umbul ini juga masi free alias tidak perlu htm untuk wisatawan yang berkunjung ke umbul ini. Umbul ini memiliki air yang sangat jernih pada saat pagi hari dan memiliki tempat yang luas, ada satu gazebo di sana untuk menaruh barang-barang atau makanan yang dibawa oleh para pengunjung. 

Dan di sekitar umbul ini ada aliran sungai yang indah dan juga terdapat pepohonan yang rindang nan sejuk yang mampu membuat suasana menjadi teduh dan nyaman, sekaligus sedap untuk di pandang, 

Umbul ini terkesan masih sepi karena tidak ada pedagang dan masih banyak orang-orang yang belom tau tentang keberadaan umbul kroman ini. Umbul kroman ini juga memiliki air yang tidak kalah jernih dengan umbul-umbul yang lain, yang sudah terkenal di Kabupaten Klaten,  seperti: umbul manten, umbul nilo, umbul ponggok dan yang lainya.

Sedikit berbagi pengalaman saya, ketika saya berkunjung ke umbul kroman, menurut saya umbul ini masih di bilang terpencil, oleh karena itu banyak wisatawan yang belum mengetahui tentang keberadaan umbul kroman ini. Umbul ini memiliki suasana yang tenang dan asri sekaligus air yang sangat jernih, berikut foto yang saya ambil pada pukul 10.00 pagi sebelum banyak anak kecil sekitar yang bermain di umbul kroman ini. Bagi saya, ini adalah suatu penemuan yang harus di kembangkan dan dijaga agar tetap asri dan tidak terbengkalai.

gmbr2/fahmiazis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline