Lihat ke Halaman Asli

Fahmi Al Fazri

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu adab dan Budaya Islam Riyadlul Ulum

Apakah Kita Bisa Mendapatkan Sebuah Ilmu?

Diperbarui: 5 Januari 2023   06:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar diambil dari akun @Bincang Syariah

Ilmu merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena dengan sebuah ilmu seseorang mampu untukmendapatkan hal yang berkualitas, dengan ilmu juga manusia dapat membedakan sesuatu yang baik dan kurang baik, sehingga cakupan nya ketika seseorang mempunyai ilmu yang sangat luas, maka orang tersebut akan memberikan kemanfaatan juga bagi lingkungan di sekitarnya, dan akan timbul sifat saling menguntungkan antara satu sama lain nya. 

Kemudian seseorang yang ingin mempunyai sebuah ilmu, harus memperkuat pondasi keimanan nya terlebih dahulu, karena di jaman sekarang ini banyak seklai seseorang yang mempunyai ilmu, akan tetapi ilmu tersebut hanya di gunakan sebagai hiasan dunia saja, hanya untuk di pamerkan, di banggakan,tanpa di amalkan. Sehingga di zaman sekarang ini sangatlah mudah untuk mendapatkan gelar kiyai, dengan sumber-sumber dari media sosial, tanpa menggunakan kitab yang sudah ada. Hasilnya banyak dari mereka yang menyampaikan ilmu akan tetapi tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Untuk menanggapi hal tersebut, mari kita pahami bersama bait mahfudzot yang menjelaskan tentang hal hal yang harus di siapkan oleh orang yang ingin mencari ilmu, dan mendapatkan ilmu yang berkah, bait mahfudzotnya yaitu :

اخي لن تنال العلم الا بستة سانبيك عن تفصيلهاببيان : ذكاء وحرص واجتهاد ودرهم وصحبة استاذوطول زمان

Artinya : Saudaraku ! kamu tidak akan mendapatkan ilmu, kecuali dengan enam perkara, akan aku beritahukan perincian nya dengan jelas :

1. Kecerdasan

2. Ketamakan terhadap ilmu 

3.Kesungguhan

4.Uang ( Biaya)

5. Dekat dengan guru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline