Lihat ke Halaman Asli

Wawasan Nusantara

Diperbarui: 26 November 2023   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Wawasan Nusantara penting dimiliki oleh setiap warga negara yang tinggal didalamnya. Kita sebagai warga negara Indonesia harus memiliki wawasan nusantara. Maka dari itu penting untuk kita membahasnya. 

Pengertian wawasan nusantara

Wawasan diambil dari kata wawas yang dalam bahasa Jawa berarti pandangan atau pengetahuan, kata nusantara bermakna nusa atau kepulauan-kepulauan dan antara yang berarti sesuatu di tengah-tengah dia objek, nusantara adalah sebutan lain bagi bangsa Indonesia karena letak geografisnya yang merupakan kepulauan-kepulauan. 

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam mengenal diri dan lingkungan dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. 

Wawasan Nasional menjadi penghubung untuk mengambil keputusan dalam pembangunan, kebijakan sosial, keamanan, serta persatuan. 

- Landasan Wawasan Nusantara

a. Pancasila

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia menyatukan seluruh elemen bangsa, membentuk kesadaran bagi tiap-tiap warga negara, dan menjadi landasan moral bagi setiap warga negara. Lima sila dalam Pancasila mengandung nilai-nilai yang mencerminkan semangat kebersamaan, persatuan, dan toleransi, yang menjadi fondasi dalam bangsa

b. UUD 1945

Aspek konstitusional ditopang oleh Undang -- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). Konstitusi ini menjadi panduan dalam membentuk pemerintahan yang berdaulat, adil, dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam UUD 1945, terdapat prinsip-prinsip yang menegaskan pentingnya memelihara persatuan, kesatuan, dan menjaga wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan.

Wawasan nusantara menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, bertindak atau menangani permasalahan yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline