Lihat ke Halaman Asli

Korupsi

Diperbarui: 21 November 2023   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Korupsi adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan atau posisi dalam suatu sistem, umumnya dengan tujuan memperoleh keuntungan pribadi secara ilegal. Praktik korupsi dapat melibatkan suap, nepotisme, kolusi, atau bentuk lainnya yang merugikan kepentingan umum.

Praktik korupsi telah ada sepanjang sejarah manusia dan muncul dalam berbagai bentuk di berbagai budaya dan masyarakat. Beberapa titik penting dalam sejarah korupsi di dunia melibatkan kasus-kasus besar, seperti:

1. Romawi Kuno

Korupsi merajalela di tengah pemerintahan Romawi Kuno, termasuk di dalamnya suap, penyalahgunaan kekuasaan, dan nepotisme.

2. Abad Pertengahan

Pada masa ini, praktik korupsi sering terkait dengan sistem feodal di Eropa, di mana pejabat pemerintah sering kali menyalahgunakan kekuasaan untuk keuntungan pribadi.

3. Era Kolonial

Selama era penjajahan, korupsi sering kali mewarnai hubungan antara penguasa kolonial dan pihak-pihak lokal, dengan adanya penyalahgunaan kekuasaan dan eksploitasi sumber daya.

4. Zaman Modern

Korupsi terus menjadi masalah di era modern, dan beberapa negara menghadapi tantangan serius dalam upaya memberantasnya. Organisasi internasional melakukan upaya kolaboratif untuk melawan korupsi global.

Upaya untuk memerangi korupsi terus berlanjut, dengan banyak negara menerapkan undang-undang dan lembaga khusus untuk memberantasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline