Lihat ke Halaman Asli

Berkebun Menjadi Hobi Baru Ketika Pandemi Melanda

Diperbarui: 23 Maret 2021   17:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi merubah tatanan sosial, merubah kebiasaan, merubah cara berinteraksi, serta merubah aspek kehidupan yang sebelumnya tak pernah terfikirkan. Kebebasan publik yang dibatasi oleh pemerintah membuat beberapa orang memutuskan untuk diam dirumah, pergi keluar rumah ketika ada hal penting yang harus diselesaikan. Menjadi hal yang biasa, sudah tahun hidup berdampingan dengan Corona Virus atau Covid-19. 

Rasa jenuh, bosan melakukan hal monoton setiap harinya, ditambah dengan diberlakukannya Work From Home, menjadi kebiasan baru yang harus dihadapi oleh seorang Ibu bernama Ira Khoiriyah. Berprofesi sebagai seorang ASN di salah satu instansi pemerintahan yang memberlakukan Work From Home setiap seminggu lima kali. Mensiasati rasa jenuh tersebut, Ira (50) melakukan aktifitas yang jarang dilakukan ketika sebelum work from home. Seperti berjemur setiap pagi, olahraga di penghujung sore, dan berkebun ketika sore menjelang.

Berkebun hal yang tak pernah atau jarang dilakukan oleh Ira sebelum adanya pandemi. "berkebun di sore hari membuat tubuh merasa rileks sekali, setalah ditimpa pekerjaan dari pagi. Belum lagi mengurus rumah dengan dua anak yang sedang bersekolah juga" ujarnya. Hobby baru tersebut ternyata membuat halaman kecil dirumahnya dihiasi tanaman-tanaman indah nan elok dipandang oleh mata.

Tidak hanya Ira (50), hobby baru ini digandrungi oleh ibu rumah tangga yang berada di sekitaran rumah Ira (50). Bernama Izwyn (39), seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang sedang melaksanakan PJJ serta harus menyelesaikan pekerjaan rumah, membuat hobby baru ini menjadi penangkal rasa jenuh ketika seharian mengurus anak dan kebutuhan rumah. Koleksi tanaman yang dipunyai beragam, terdapat bunga mawar, bunga anggrek, hingga janda bolong. Menurut nya "berkebun atau sekedar melihat tanaman dipagi hari membuat hari-hari kedepannya terasa lebih ringan, ketika harus dihadapkan dengan anak dua yang sedang PJJ. Menangkal rasa jenuh dan bosa ketika melakukan hal- hal itu saja selama satu tahun".

Adanya pandemi, berkebun menjadi salah satu hobby murah, fleksibel, serta dapat memperbaiki penangan perubahan iklim. Semakin banyak tanaman atau pohon yang ditanam, semakin banyak pula penghijauan yang terjadi. Hobby baru yang bermanfaat bagi orang sekitar dan dampak nya akan dirasakan oleh dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline